Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sabet 3 Kemenangan di Pilkada Banten, Dinasti Atut Kian Perkasa

Dinasti Ratu Atut Chosiyah tercatat menang di 3 daerah dari 4 kontestasi Pilkada 2020 di Banten. Mana saja daerahnya?
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 13 Desember 2020  |  17:11 WIB
Sabet 3 Kemenangan di Pilkada Banten, Dinasti Atut Kian Perkasa
Terdakwa kasus korupsi pengadaan alat kesehatan RS Rujukan Pemerintah Provinsi Banten Ratu Atut Chosiyah menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (5/4). - Antara/Akbar Nugroho Gumay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dinasti Ratu Atut Chosiyah, mantan Gubernur Banten yang menjadi pesakitan karena kasus korupsi, kian kuat menancapkan kursi kekuasaan di Banten dengan mencatatkan tiga kemenangan pada Pilkada 2020.

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, keluarga Atut mencatat kemenangan di pemilihan wali kota Tangerang Selatan. Pasangan Benyamin Davnie dengan Pilar Saga Ichsan meraup suara 40,8% dari perhitungan real count KPU yang masuk 70,23%.

Pilar Saga, kandidat wakil wali kota Tangsel adalah anak dari Ratu Tatu Chasanah, adik dari Ratu Atut yang juga keponakan Airin Rachmi Diany, wali kota Tangsel saat ini.

Pasangan Benyamin-Pilar mengalahkan anak dari Wapres Ma'ruf Amin, Siti Nurazizah, berasangan dengan Ruhamaben yang memperoleh 23,6%.

Masih pada Pilkada Tangsel, keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subiyanto, Rahayu Saraswati yang menjadi kandidat wakil walikota berpasangan dengan Muhamad berada di urutan kedua meraih 35,6% suara.

Ratu Tatu Chasanah, ibu dari Pilar Saga juga bertarung dalam Pilkada 2020. Ratu Tatu mampu mempertahankan kursi wali kota Serang untuk periode kedua. Berpasangan dengan Pandji Tirtayasa, Ratu Tatu (63,7%) unggul telak atas Nasrul Ulum Eki Baihaki (36,3%) dari suara masuk 69,92%.

Kemenangan keluarga Atut berikutnya ada di Pandeglang. Menantu Atut, suami dari Andiara Aprili, Tanto Earsono Arban, menjadi kandidat Wakil Bupati Pandeglang berpasangan dengan Irna Narulita, istri dari mantan Bupati Pandeglang dua periode, Dimyati Natakusumah.

Irna-Tanto memperoleh 63,6% suara, unggul dari pasangan Thoni Fathoni Mukson-Miftahul Tamamy yang meraih 36,4% dari total suara yang masuk KPU 71,91%.

Keluarga Atut nyaris menyabet semua kemenangan di Banten dari 4 Pilkada yang di gelar di daerah itu. Hanya di Cilegon keluarga Atut tidak meraih kemenangan, karena tidak menempatkan kandidat pada Pilkada tersebut.

Ratu Atut sendiri saat ini masih mendekam di penjara karena terjerat dua kasus, yaitu menyuap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar dan korupsi alat kesehatan. Istri mendiang politisi Golkar Hikmat Tomet itu diganjar hukuman 5 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilkada Serentak ratu atut chosiyah Pilkada 2020
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top