Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur dan Wagub Kaltim Gunakan Hak Pilih, Zairin-Sarwono Unggul

Gubernur Kaltim Isran Noor menggunakan hak pilihnya pada Pillkada Kota Samarinda 2020 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 25 di SMA Negeri 8 Samarinda.
Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember 2020./KPU
Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember 2020./KPU

Bisnis.com, SAMARINDA — Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) menyalurkan hak suaranya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Gubernur Kaltim Isran Noor berjalan kaki menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) 25 di SMA Negeri 8 Samarinda untuk menggunakan hak pilihnya pada Pillkada Kota Samarinda.

Dengan mengenakan kemaja batik putih bercorak cokelat, Isran bersama istrinya disambut petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang memakai APD (Alat Pelindung Diri). Kemudian mengikuti tahapan pemungutan suara sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

"Bener aja sudah itu. Masuknya sudah dicek suhu [tubuh], ditambah cuci tangan, ditambah sarung tangan," ujarnya.

Dia mengungkapkan koordinasi  terus dilakukan dengan kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada serentak.

"Mudahan dalam perhitungan suara nanti hingga selesai semua berjalan lancar. Kita jaga Kaltim agar tetap aman dan kondusif," ungkapnya. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi  melakukan pencoblosan di TPS 03 Jalan Juanda 7 Kelurahan Air Hitam Kecamatan Samarinda Ulu untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Samarinda Tahun 2020, tepat pukul 08.17 Wita.

Hadi mengingatkan masyarakat Kaltim agar datang ke TPS masing-masing untuk menyalurkan haknya memilih kepala daerahnya, bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota.

"Kami mengimbau masyarakat Kaltim di sembilan kabupaten/kota datang ke TPS menunaikan kewajiban sebagai warga negara Indonesia," katanya.

Sebagai informasi, berdasarkan hasil perhitungan suara di 2 TPS tersebut, pasangan Zairin-Sarwono mengungguli 2 pasangan lain dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota.

Di TPS 25 tempat Gubernur Kaltim memilih, pasangan nomor urut 3 Zairin-Sarwono unggul dengan 32 suara, diikuti pasangan nomor urut 2 Andi Harun-Rusmadi 13 suara, dan pasangan nomor urut 1 Barkati-Darlis dengan perolehan 8 suara. 

TPS 25 memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 44 orang dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 5 orang. Rincinya, laki-laki 20 orang dan perempuan 24 orang untuk DPT dan 4 orang laki-laki serta 1 orang perempuan untuk DPTb.

Adapun, di TPS 03 tempat Hadi Mulyadi menyalurkan hak suaranya, pasangan nomor urut 3 unggul dengan perolehan 100 suara, nomor urut 2 dengan 44 suara, dan nomor urut 1 dengan jumlah 39 suara.

Pasangan Zairin Sarwono unggul di TPS tersebut dengan total pemilih sebanyak 188 orang dan 5 surat suara tidak sah, laki laki 205 orang dan perempuan sebanyak 22 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper