Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Ajak Asean Jalin Kerja Sama Penanggulangan Pandemi

Komitmen yang kuat dan kerja sama sebagai satu kesatuan Asean diperlukan untuk menanggulangi bencana, termasuk bencana non-alam yaitu pandemi Covid-19.
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo - Istimewa
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengajak negara-negara Asean untuk bekerja sama dalam penanggulangan pandemi di kawasan regional. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyampaikan bahwa negara-negara Asean sedang menghadapi tantangan yang sama, yakni pandemi Covid-19. Namun di sisi lain, bencana lain tentu juga dialami oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara ini. 

Oleh karena itu, Doni mengatakan, komitmen yang kuat dan kerja sama sebagai satu kesatuan Asean diperlukan untuk mencapai tujuan dan visi bersama sebagai pemimpin global dalam penanggulangan bencana. 

“Saya ingin mengajak para menteri dan pejabat seluruh negara anggota Asean yang bertanggung jawab dalam penanggulangan bencana untuk mulai melihat kemungkinan potensi kerja sama kita ke depan dalam menghadapi pandemi,” ujar Doni dikutip melalui keterangan resmi, Jumat (27/11/2020). 

Kerja sama ini dicontohkan Doni dengan pendekatan pentahelix yang melibatkan pemerintah pusat dan daerah, seluruh elemen masyarakat, swasta termasuk akademisi dan media massa.

Dia berharap pendekatan ini dapat menjadi upaya bersama dalam penanggulangan bencana di Asean, yaitu meningkatkan partisipasi para pemangku kepentingan dalam penanganan bencana bersama unsur pemerintah. 

Doni juga berharap AHA Centre (Asean Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management) dapat turut terlibat dalam upaya koordinasi dan kerja sama dalam penanggulangan pandemi di masa yang akan datang. 

Lebih lanjut, Doni menyampaikan, Indonesia terus mendukung penuh upaya bersama untuk mewujudkan penyelenggaraan penanggulangan bencana yang lebih baik di kawasan Asean, termasuk keterlibatan dan dukungan dari mitra Asean.

“Tetapi yang terpenting adalah kesatuan dan kebersamaan kita, karena saya yakin dalam melakukan penanggulangan bencana, sebagai sebuah negara, prestasi sejati hanya akan tercapai jika kita maju bersama dan tidak meninggalkan siapapun," imbuhnya.

Sementara itu, Doni juga menyampaikan pembelajaran penanganan pandemi di Tanah Air. 

“Kerja sama dan koordinasi yang komprehensif ini telah membawa Indonesia dapat mengurangi jumlah korban jiwa,” ujarnya.

Tercatat sampai pekan ketiga November 2020, Indonesia telah melakukan testing hingga mencapai sekitar 239.000 atau 88,6 persen dari standar WHO. 

Adapun, jumlah tambahan kasus Covid-19 per 27 November 2020 menembus rekor, sebanyak 5.828 kasus sehingga total kumulatifnya 522.581 kasus.

Sementara itu, kasus sembuh pada hari ini bertambah 3.807 sehingga kumulatifnya 437.456 kasus sembuh, sedangkan kasus kematian bertambah 169 sehingga secara kumulatif sudah 16.521 orang meninggal karena Covid-19.

"Situasi yang luar biasa tesebut menjadi tantangan besar kepada Indonesia," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper