Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNPB Latih 1.000 Relawan Covid-19 Tambahan di Kalimantan Selatan

Saat ini telah terdaftar 32.000 relawan dan akan dibentuk 1.000 relawan lagi di Kalimantan Selatan untuk dilatih menjadi agen perubahan prilaku, membantu sosialisasi, dan edukasi protokol kesehatan ke masyarakat.
Pembukaan Pelatihan Relawan Covid-19 se-Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Kamis (26/11/2020) (Istimewa)
Pembukaan Pelatihan Relawan Covid-19 se-Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Kamis (26/11/2020) (Istimewa)

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah pusat dan daerah telah melakukan berbagai upaya dalam pencegahan dan edukasi ke masyarakat tentang bahaya Coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

Sejak pandemi Covid-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) rutin melatih ribuan relawan untuk edukasi kepada masyarakat di daerah. Salah satunya melatih 1.000 relawan di Kalimantan Selatan.

Deputi Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan mengatakan Covid-19 masih berada di sekitar masyarakat dan seluruh dunia sedang berjuang untuk melawan pandemi COVID-19.

"Kita dapat melalui pandemi ini dengan dua syarat, yaitu jika yang sakit dapat sembuh karena obat dan yang sehat dapat imun jika ada vaksin," kata Lilik saat pembukaan Pelatihan Relawan Covid-19 se-Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Kamis (26/11/2020), dikutip dari siaran resmi.

Lebih lanjut ia menambahkan, saat ini aksi bela negara sangat dibutuhkan. Menjadi pahlawan menurutnya tidak harus bertempur. Mereka yang melindungi bangsanya dari bencana termasuk Covid-19 adalah pahlawan.

Kemudian ia mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga yang sehat tetap sehat dan saling bahu membahu dalam penanganan Covid-19 dan menghindari kerumunan yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Pandemi Covid-19 ini merupakan tanggung jawab bersama seluruh pihak.

Sementara itu, Ketua Sub Bidang Pelatihan Satgas Penanganan Covid-19, Prasetyo Nurhadjanto menyampaikan bahwa pelatihan relawan ini bertujuan untuk membentuk agen perubahan Covid-19.

“Saat ini telah terdaftar 32.000 relawan dan akan dibentuk 1.000 relawan lagi di Kalimantan Selatan untuk dilatih menjadi agen perubahan prilaku, membantu sosialisasi, dan edukasi protokol kesehatan ke masyarakat," ujar Prasetyo.

Setelah mendapatkan pelatihan, diharapkan para relawan akan memiliki pemahaman yang tepat terkait penanganan Covid-19 agar secara otomatis bergerak untuk melakukan sosialisasi serta pemantauan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Hal itu dilakukan mulai dari lingkungan keluarga hingga ke masyarakat

Pada kesempatan yang sama, Plt. Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan menyatakan bahwa pemerintah provinsi Kalimantan Selatan bersama kabupaten dan kota terus berusaha meningkatkan aktivitas pencegahan Covid-19 .

“Alhamdulilah, penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan pelan-pelan sudah bisa diatasi. Dengan pelatihan relawan ini semoga relawan dapat menularkan ilmunya kepada masyarakat," kata Resnawan.

Kegiatan pelatihan relawan tersebut dilaksanakan pada 26 November - 2 Desember 2020. Sebanyak 1.000 relawan terpilih akan dilatih pada kegiatan ini, yang terdiri dari perwakilan 27 kecamatan, 7 instansi, dan 13 organisasi kemasyarakatan peduli bencana di Kalimantan Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper