Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Satgas Covid-19 Minta RT dan RW Cek Warga yang Ikut Acara Rizieq Shihab

Untuk mendukung upaya itu, BNPB telah menyalurkan 2.500 swab antigen ke seluruh Puskesmas di daera berpotensi terjadi peningkatan kasus.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 20 November 2020  |  22:14 WIB
Imam Besar Habib Rizieq Shihab (tengah) menyapa ribuan jamaah di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). Kedatangan Imam Besar Habib Rizieq Shihab ke Pondok Pesantren (Ponpes) Alam Agrokultural Markaz Syariah DPP FPI, Megamendung, Kabupaten Bogor untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah sekaligus peletakan batu pertama pembangunan masjid di Ponpes tersebut.  - Antara
Imam Besar Habib Rizieq Shihab (tengah) menyapa ribuan jamaah di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). Kedatangan Imam Besar Habib Rizieq Shihab ke Pondok Pesantren (Ponpes) Alam Agrokultural Markaz Syariah DPP FPI, Megamendung, Kabupaten Bogor untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah sekaligus peletakan batu pertama pembangunan masjid di Ponpes tersebut. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 meminta para Ketua RT dan RW di Jakarta dan Jawa Barat mengimbau warganya untuk memeriksakan diri bila sempat menghadiri sejumlah kegiatan yang terkait dengan Rizieq Shihab.

Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo para Ketua RT dan RW di Jakarta dan Jawa Barat untuk mengajak warganya mengikuti pemeriksaan bila telah menghadiri kegiatan di Bandara Soetta saat kepulangan Rizieq hingga kegiatan maulid di Megamendung untuk memeriksa diri.

Selain itu, warga yang mengikuti acara terakhir di Petamburan juga diminta untuk secara sukarela melapor kepada Ketua RT dan Ketua RW agar dibantu untuk mengikuti pemeriksaan diri ke Puskesmas.

"Kami berharap kerja sama dengan semua komponen masyarakat di berbagai daerah terutama di DKI Jakarta dan Jawa Barat, khususnya juga para Ketua RT dan Ketua RW untuk menyampaikan pesan kepada keluarga-keluarga bagi yang kemarin ikut beraktivitas baik mulai dari penjembutan di Bandara Soekarno Hatta, kegiatan Maulid Nabi di Tebet, dan juga di Megamendung,” katanya melalui keterangan resmi, Jumat (20/11/2020) malam.

Untuk mendukung upaya itu, Doni menyebut BNPB telah menyalurkan 2.500 swab antigen ke seluruh Puskesmas di daerah berpotensi terjadi peningkatan kasus. Tiga daerah yang disorot adalah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Seperti diketahui, Satgas Covid-19 melaporkan sedikitnya 77 orang positif Covid-19 dampak dari kerumunan di Petambutan, Tebet dan Megamendung.

Kawasan Petambutan, Jakarta Pusat dan Tebet, Jakarta Selatan menjadi lokasi peringatan Maulid Nabi Muhammad yang dihadiri Imam Besar FPI Muhammad Rizieq Shihab. Rizieq juga hadir pada peringatan maulid di Megamendung, Jawa Barat.

Doni menyatakan data terakhir yang diterima pada Kamis (19/11/2020) malam, 7 dari 15 orang positif di wilayah Petamburan. Salah satunya Lurah Petamburan.

Sementara itu, hasil swab antigen untuk Kluster Megamendung, 20 dari 559 orang yang diperiksa positif Corona. Selain itu, terdapat 50 orang positif Covid-19 yang mayoritas berdomisili sekitar Tebet. Data tersebut dihimpun Jumat (20/11/2020).

Buntut kerumunan itu, Kapolri mencopot Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat. Polda Metro Jaya juga memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya terkait kerumunan di Petambutan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga dipanggil Bareskrim Mabes Polri akibat kerumunan di Megamendung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fpi habib rizieq Virus Corona Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top