Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Klaster Kerumunan, Satgas Minta Massa FPI Segera Tes Covid-19

Satgas Covid-19 menyatakan sejumlah kegiatan FPI sudah membentuk klaster baru penyebaran Covid-19 yakni klaster kerumunan.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 20 November 2020  |  17:32 WIB
Habib Rizieq Shihab (HRS) menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). - Antara\r\n
Habib Rizieq Shihab (HRS) menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta setiap orang yang sempat mengikuti kerumunan massa Front Pembela Islam (FPI) untuk melaporkan diri ke Ketua RT dan RW agar dapat dilakukan penelurusan kontak erat Covid-19.

Doni menuturkan sejumlah kegiatan FPI itu sudah membentuk klaster baru penyebaran Covid-19 yakni klaster kerumunan. Adapun, klaster itu tersebar di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat; Megamendung, Bogor; dan Tebet, Jakarta Selatan.

“Pemeriksaan di Puskesmas tanpa dipungut biaya. Pemeriksaan ini sangat penting agar diketahui lebih dini. Jika ada yang positif bisa segera isolasi dan tempat isolasi disiapkan pemerintah. Silahkan dengan kesadaran dan keikhlasan memeriksa diri ke Puskesmas,” kata Doni kepada awak media pada Jumat (20/11/2020).

Permintaan itu disampaikan Doni dalam sela-sela Kunjungan Kerja Kesiapsiagaan Erupsi Gunung Merapi di Boyolali, Jawa Tengah. Langkah itu diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dari klaster kerumunan tersebut.

“Hari ini kami telah menyalurkan 2.500 swab antigen ke seluruh puskesmas yang berada di daerah-daerah yang berpotensi terjadi peningkatan kasus di DKI, Banten dan Jabar," kata dia.

Berdasarkan data Satgas, dia mengatakan terdapat tujuh orang positif Covid-19 dari 15 orang yang telah dilakukan swab di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat, per 19 November 2020.

“Ada tujuh orang positif Covid-19, termasuk Lurah Petamburan,” tuturnya.

Dia menambahkan, penelusuran kontak di kerumunan massa FPI di Megamendung, Bogor, mengidentifikasi adanya 20 orang konfirmasi positif Covid-19. Temuan itu lantas menjadikan Megamendung sebagai klaster baru sebaran Covid-19 di Provinsi Jawa Barat.

“Data Jumat sore 20 November, hasil swab antigen untuk Kluster Mega Mendung adalah yang diperiksa 559 orang, yang positif ada 20 orang,” tuturnya.

Laporan lain, dia mengatakan, terdapat 50 orang dinyatakan positif Covid-19 yang mayoritas berdomisili di sekitar Tebet.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fpi Virus Corona Doni Monardo Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top