Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenlu Kecam Penyiksaan Terhadap Pekerja Migran di Malaysia

Seorang pekerja migran Indonesia di sektor domestik dilaporkan mengalami penyiksaan yang dilakukan majikannya di wilayah Kuala Lumpur, Malaysia.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 26 November 2020  |  13:41 WIB
Ilustrasi - Aksi peduli tenaga kerja INdonesia. - JIBI
Ilustrasi - Aksi peduli tenaga kerja INdonesia. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri mengecam penyiksaan yang dilakukan warga Kuala Lumpur, Malaysia terhadap pekerja migran asal Indonesia.

Seorang pekerja migran Indonesia sektor domestik berinisial MH dilaporkan mengalami berbagai penyiksaan yang dilakukan majikannya di wilayah Kuala Lumpur Malaysia.

MH berhasil diselamatkan Polis Diraja Malaysia (PDRM) pada 24 November 2020 berdasarkan informasi awal yang diberikan LSM Tenaganita dan berkoordinasi dengan KBRI Kuala Lumpur. Saat ini pelaku telah ditahan aparat.

MH mengalami penyiksaan antara lain pemukulan dengan benda tumpul, luka sayatan benda tajam, disiram air panas dan tidak diberi makan. Saat ini MH berada di RS Kuala Lumpur untuk mendapatkan perawatan.

“Indonesia mengecam keras berulangnya kasus penyiksaan pekerja migran Indonesia terutama di sektor domestik oleh majikan di Malaysia,” tulis keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, Kamis (26/11/2020).

Kasus ini bukan pertama kalinya dialami pekerja migran Indonesia di Negeri Jiran. Terakhir kasus kekerasan juga dialami salah satu pekerja Adelina Lisau di Penang. Hingga kini pelaku belum mendapatkan ganjaran hukum atas perbuatannya.

“Indonesia meminta otoritas Malaysia melakukan pengawasan yang ketat terhadap majikan, menjamin pelindungan yang baik terhadap pekerja migran serta melakukan penegakan hukum yang tegas terhadap pelaku,” tulis keterangan itu.

Selain itu, Indonesia juga mendorong penyelesaian segera perpanjangan MoU penempatan pekerja sektor domestik yang telah berakhir sejak 2016.

Menurut Kemenlu, KBRI Kuala Lumpur akan terus mendampingi MH dan akan menunjuk pengacara retainer untuk memonitong proses penegakan hukum terhadap majikan sesuai hukum yang berlaku.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

malaysia kemenlu pekerja migran
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top