Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendikbud: Anak Muda Bisa Teladani Merdeka Belajar dari Bung Karno

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan dengan membaca buku, perspektif dan pemahaman terhadap dunia jadi lebih luas dan beragam.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 24 November 2020  |  15:52 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berdialog dengan kepala sekolah dan guru saat melakukan kunjungan kerja di SMK Negeri 8 Palu di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (4/11/2020). - Antara
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berdialog dengan kepala sekolah dan guru saat melakukan kunjungan kerja di SMK Negeri 8 Palu di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (4/11/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membuka pameran buku daring bertajuk “Bung Karno dan Buku-Bukunya”. Harapannya kebebasan belajar yang diterapkan Soekarno bisa menjadi teladan anak bangsa.

Nadiem mengatakan dengan membaca buku, perspektif dan pemahaman terhadap dunia jadi lebih luas dan beragam.

Adapun, ada hubungan timbal balik antara kecerdasan bangsa terhadap minat baca. Masyarakat yang membaca adalah masyarakat yang belajar sehingga bisa terus berkembang dan berinovasi.

Melalui pameran buku daring ini, kata Nadiem, sejalan dengan Merdeka Belajar dengan esensinya adalah kemerdekaan berpikir, keleluasaan yang terarah, untuk mengembangkaan kompetensi, di antaranya literasi dan penguatan karakter.

“Saya yakin bangsa ini bangsa yang cerdas, makanya perlu didukung dengan bacaan yang mudah diakses, bermakna, dan relevan,” ujarnya pada pembukaan pameran dan dialog sejarah secara virtual, Selasa (24/11/2020).

Dia melanjutkan, Presiden Soekarno adalah warisan bukti yang bisa menjadi inspirasi, bahwa pemikirannya yang merdeka bahkan sebelum bangsa ini lepas dari penjajahan adalah contoh yang baik bagi anak bangsa.

“Perlu dicontoh bahwa di mana saat didalam keterbatasan pun beliau tetap seorang yang merdeka karena buku-buku yang dibaca dan gagasan beliau yang bebas. Ini saya harap dapat menginspirasi generasi muda dan menggerakkan minat baca. Indonesia harus meneladani giat baca buku dari Soekarno,” tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendikbud soekarno Nadiem Makarim
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top