Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Efektif 95 Persen, Pfizer Bersiap Ajukan Izin

Pfizer dan mitranya, BioNTech SE, menyebut vaksin buatannya telah mampu melindungi semua orang di semua usia dan etnisitas tanpa menunjukkan efek samping yang signifikan.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 18 November 2020  |  23:49 WIB
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer. - Antara/Reuters
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer. - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pfizer Inc. menyatakan analisis final uji klinis menunjukkan bahwa tingkat keakuratan vaksin Covid-19 telah mencapai 95 persen.

Akurasi vaksin 95 persen semakin memantapkan langkah Pfizer untuk mengajukan izin edar ke regulator Amerika Serikat dalam waktu dekat.

Pfizer dan mitranya, BioNTech SE, menyebut vaksin buatannya telah mampu melindungi semua orang di semua usia dan etnisitas tanpa menunjukkan efek samping yang signifikan. Uji klinis ketiga yang dilakukan perusahaan ini melibatkan hampir 44.000 partisipan.

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (18/11/2020), pengumuman Pfizer merupakan perkembangan menjanjikan dalam produksi vaksin selama beberapa hari terakhir.

Data yang dirilis Pfizer-BioNTech menunjukkan 170 partisipan terdeteksi telah terinfeksi Covid-19. Selanjutnya, delapan partisipan yang disuntik vaksin jatuh sakit, sedangkan 162 kasus diantaranya adalah orang-orang yang disuntik dengan placebo.

Tak hanya itu, vaksin ini juga memiliki tingkat efektivitas lebih dari 94 persen pada manusia lanjut usia (lansia).

Kebanyakan partisipan yang mendapatkan suntikan vaksin ini dilaporkan mampu menoleransi efek sampingnya, sedangkan 3,8 persen dilaporkan mengalami gejala pusing.

Sementara itu, rivalnya, Moderna Inc. dan AstraZeneca Plc dengan University of Oxford juga mengumumkan tren positif dalam perkembangan uji klinis ketiga vaksin Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pfizer Vaksin Covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top