Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akhirnya, China Beri Selamat Atas Kemenangan Joe Biden di Pilpres AS

China adalah salah satu dari sedikit negara yang sejauh ini menahan komentar karena Trump tidak mengakui hasil pilpres AS.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 13 November 2020  |  15:31 WIB
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden membahas UU Perlindungan kesehatan Affordable Care Act (Obamacare) dalam jumpa pers di Wilmington, Delaware, AS, 10 November 2020. - Antara/Reuters\r\n
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden membahas UU Perlindungan kesehatan Affordable Care Act (Obamacare) dalam jumpa pers di Wilmington, Delaware, AS, 10 November 2020. - Antara/Reuters\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah China akhirnya memberi selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris atas kemenangannya dalam pemilihan presiden AS. Ini sekaligus mengakhiri spekulasi mengenai kapan Beijing akan secara resmi mengakui kemenangan tersebut.

"Kami telah mengikuti reaksi atas pemilihan presiden AS ini baik dari dalam AS maupun dari komunitas internasional. Kami menghormati pilihan rakyat Amerika dan mengucapkan selamat kepada Biden dan Harris," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin dalam sebuah briefing media di Beijing, Jumat (13/11/2020), seperti dikutip Bloomberg.

Pengakuan China ini dilakukan setelah sejumlah jaringan televisi memproyeksikan Biden akan mengalahkan Donald Trump di Arizona, salah satu negara bagian yang menjadi medan pertempuran (battleground state) di mana presiden berusaha memprotes hasil pemilihan.

China adalah salah satu dari sedikit negara yang sejauh ini menahan komentar karena Trump tidak mengakui hasil pilpres AS.

"Kami memahami bahwa hasil pemilihan presiden AS akan ditentukan mengikuti hukum dan prosedur yang berlaku di AS," kata Wang.

Reaksi resmi Beijing terhadap kemenangan Biden relatif tidak terdengar. Presiden Xi Jinping belum memberikan ucapan selamat di depan publik, sementara Kementerian Luar Negeri minggu ini tidak memberikan respons secara eksplisit terhadap kemenangan Biden.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china Pilpres AS Joe Biden

Sumber : Bloomberg

Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top