Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Asean Women Leaders 'Summit, Indonesia Tekankan Perubahan Pola Pikir

Menteri Luar Negeri Rento LP Marsudi berbicara atas nama Presiden RI di Asean Women Leaders 'Summit, Kamis (12/11/2020).
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 13 November 2020  |  18:25 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi - Dok./Kementerian Luar Negeri
Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi - Dok./Kementerian Luar Negeri

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Rento LP Marsudi menyatakan bahwa Indonesia mendorong perubahan pola pikir dan penciptaan lingkungan yang kondusif bagi kesetaraan bagi kaum wanita.

Hal itu diungkapkannya melalui akun Twitter resminya, @Menlu_RI, Jumat (13/11/2020). Menlu mengatakan bahwa itu menjadi penekanan pesannya ketika berbicara atas nama Presiden RI di Asean Women Leaders 'Summit, Kamis (12/11/2020).

Menurutnya, kesetaraan gender bukan hanya merupakan permasalahan kaum wanita, melainkan ada problem semua orang. Langkah Asean untuk mencapai kesetaraan gender, sambung Retno, akan memperkuat fondasi untuk membangun komunitas yang inklusif dan lebih tangguh.

"Berbicara atas nama Presiden Indonesia di ASEAN Women Leaders 'Summit (12/11) menggarisbawahi pentingnya perubahan pola pikir dan menciptakan lingkungan yang kondusif dan kesempatan yang setara bagi perempuan untuk berkembang," demikian tulisnya dalam cuitan tersebut.

Seperti diketahui, pekan ini tengah diselenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 Asean dan sejumlah KTT rangkaiannya. Agenda tersebut dihelat sejak kemarin, Kamis (12/11/2020) hingga Minggu (15/11/2020).

Adapun, KTT ke-37 Asean yang diikuti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual telah menghasilkan 33 dokumen kesepakatan.

Dokumen tersebut diantaranya adalah Ha Noi Declaration on the Asean Community’s Post-2025 Vision; Asean Comprehensive Recovery Framework; Ha Noi Declaration on Strengthening Social Network Towards Cohesive and Responsive Asean Community; Asean Declaration on Digital Tourism; Ha Noi Declaration on the Adoption of the Initiative for Asean Integration Work Plan 2021-2025; serta Asean Declaration on the Asean Travel Corridor Arrangement Framework, dan Narrative of Asean Identity.

Selain itu, Menlu Retno juga mengatakan bahwa satu pembahasan dalam KTT ke-37 tersebut adalah pandemi Covid-19. Sejak awal kawasan Asia Tenggara terpapar virus Corona, negara-negara di kawasan telah merespons melalui kerja sama, baik dari sisi kesehatan dan juga ekonomi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenlu asean ktt asean gender retno l.p. marsudi
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top