Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenparekraf Gelar Sosialisasi Protokol 3K di Labuan Bajo

Sosialisasi ini diharapkan menjadi langkah awal industri pariwisata mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata andalan Indonesia.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 12 November 2020  |  20:28 WIB
Menparekraf Wishnutama saat memberikan sambutan dalam pembukaan sosialisasi 3K di Labuan Bajo, Kamis (12/11)  -  Siaran Pers Kemenparekraf
Menparekraf Wishnutama saat memberikan sambutan dalam pembukaan sosialisasi 3K di Labuan Bajo, Kamis (12/11) - Siaran Pers Kemenparekraf

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara sosialisasi penerapan protokol 3K (kesehatan, keamanan, dan keselamatan) untuk destinasi pariwisata di Indonesia, Kamis (12/2/2020) hari ini. Acara yang dihelat di Hotel Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo ini turut mendapat dukungan langsung dari 23 lembaga dan kementerian.

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kita sebaiknya melakukan restrategi terhadap kepariwisataan, agar setelah kita melalui pandemi ini justru pariwisata kita menjadi lebih baik bahkan jauh lebih baik dari sebelumnya. Ke depan, strategi pariwisata harus lebih komprehensif dan terintegrasi," kata Menparekraf Wishnutama Kusubandio. 

Sosialisasi pertama adalah terkait skenario yang fokus pada penanganan early warning system dalam peristiwa gempa bumi yang berpotensi tsunami. Sosialisasi skenario kedua berfokus pada penanganan ketanggapdaruratan pada peristiwa kecelakaan wisatawan yang mengalami serangan jantung. Serta ketiga, sosialisasi berfokus pada skenario yang ketanggapdaruratan pada peristiwa pada kecelakaan kapal tenggelam. 

Keseluruhan skenario penanganan ketanggapdaruratan disimulasikan dengan melibatkan berbagai piha. Mulai dari BMKG, BNPB, TNI, Polri, Basarnas, BTNK, Kementerian Kesehatan, Tour Guide, Tim Terpadu, masyarakat, dan lainnya. 

Dengan adanya sosialisasi ini, Wishnu berharap ke depan industri pariwisata dapat meyakinkan para wisatawan untuk kembali melakukan kunjungan ke destinasi-destinasi wisata andalan Indonesia.

Wishnu yakin sektor pariwisata bisa pulih dan berkontribusi besar terhadap perekonomian negara, sepanjang pelaksanaan protokol 3K dan 3M (menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan) selalu dikedepankan.

Dalam acara tersebut, presiden Joko Widodo turut memberikan sambutan secara virtual. Jokowi mengapresiasi kinerja Kemenparekraf, dan berharap sosialisasi yang sudah disusun dengan matang dapat berdampak langsung ke para pelaku usaha di sektor pariwisata.

"Simulasi ini sudah dipersiapkan berbulan-bulan dengan sangat matang dan didukung oleh lintas kementerian dan lembaga. Simulasi ini dipersiapkan untuk bisa menjamin kesehatan, keselamatan, dan keamanan wisatawan untuk hadir kembali ke Labuan Bajo dan destinasi pariwisata lainnya," tandas Jokowi.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

labuan bajo

Sumber : Siaran Pers Kemenparekraf

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top