Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Spektakuler! Ini Detail Rencana Pembangunan 5 Tahun China

Berikut ini detail rencana 5 tahunan soal pengembangan ekonomi dan sosial di China. Rencana yang disusun oleh Partai Komunis China. Di dalamnya, China menekankan pengembangan teknologi dan kehidupan yang berwawasan lingkungan untuk menekan polusi di negaranya.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  09:52 WIB
Para pekerja menggunakan ponsel mereka di Lapangan Tiananmen sebelum sidang pleno ketiga Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Cina (CPPCC) di Beijing, China 10 Maret 2018. - Reuters
Para pekerja menggunakan ponsel mereka di Lapangan Tiananmen sebelum sidang pleno ketiga Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Cina (CPPCC) di Beijing, China 10 Maret 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sesi paripurna kelima Komite Sentral Ke-19 Partai Komunis China mengusulkan target utama pembangunan sosial dan ekonomi untuk periode Rencana Lima Tahun (2021-2025).

Dikutip dari Xinhua, Partai Komunis China mengusulkan banyak fokus pembangunan yang diarahkan ke modernisasi teknologi dan kehidupan berwawasan lingkungan. Berikut ini rinciannya:

China akan berusaha untuk membuat langkah baru dalam pembangunan ekonomi selama periode tersebut. Negara ini bertujuan untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan sehat atas dasar peningkatan kualitas dan efisiensi yang nyata, dengan potensi pertumbuhan yang dapat dimanfaatkan sepenuhnya.

Pasar domestik diyakini akan menjadi lebih kuat, struktur ekonomi akan lebih ditingkatkan, dan kapasitas inovasi akan diperkuat secara signifikan. Basis industri akan ditingkatkan, dan rantai industri akan dimodernisasi lebih lanjut, menurut komunike yang dirilis Kamis malam (29/10/2020).

China akan melihat fondasi yang lebih kokoh untuk pertanian, dan pembangunan yang lebih seimbang antara daerah perkotaan dan pedesaan dan antar daerah yang berbeda. Negara ini juga akan membuat kemajuan besar dalam mengembangkan ekonomi modern.

Dengan langkah-langkah baru yang akan diambil dalam reformasi dan keterbukaan, China akan semakin meningkatkan ekonomi pasar sosialisnya dan pada dasarnya menyelesaikan pembangunan sistem pasar berstandar tinggi.

Entitas pasar akan menunjukkan lebih banyak vitalitas, dan kemajuan yang signifikan yang akan dicapai dalam reformasi sistem hak milik dan alokasi faktor produksi berbasis pasar.

Dengan sistem persaingan yang sehat untuk lebih ditingkatkan, China pada dasarnya akan membentuk institusi baru ekonomi terbuka ke tingkat yang lebih tinggi.

Etiket sosial dan kesopanan Tiongkok akan lebih ditingkatkan, sementara nilai-nilai sosialis inti harus dianut oleh rakyat. Peningkatan yang signifikan diharapkan terjadi dalam integritas intelektual dan moral masyarakat, kualitas budaya dan ilmiah, serta kesehatan fisik dan mental.

Sistem layanan budaya publik dan industri budaya akan lebih maju, dengan aktivitas budaya dan intelektual yang kaya yang diselenggarakan untuk publik. Pengaruh budaya Tionghoa akan ditingkatkan dan kekompakan bangsa Tionghoa akan semakin diperkuat.

China bertujuan untuk membuat kemajuan baru dalam membangun peradaban ekologis, mengoptimalkan pengembangan dan perlindungan ruang teritorial, dan mencapai hasil penting dalam transformasi produksi dan gaya hidup hijau.

Negara akan mengalokasikan energi dan sumber daya secara lebih tepat dan meningkatkan efisiensi pemanfaatan. Ini akan terus mengurangi emisi polutan utama dan meningkatkan ekologi lingkungan, membuat pelindung keamanan ekologi lebih kokoh, dan meningkatkan lingkungan hidup perkotaan dan pedesaan.

Kesejahteraan masyarakat akan mencapai tingkat yang baru. China akan mencapai pekerjaan yang lebih lengkap dan berkualitas lebih tinggi, dengan pertumbuhan pendapatan pribadi pada dasarnya sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan nyata dalam struktur distribusi.

Negara ini juga akan melihat akses yang jauh lebih adil ke layanan publik dasar. Tingkat pendidikan seluruh penduduk akan terus ditingkatkan, sedangkan sistem jaminan sosial berjenjang dan sistem kesehatan juga akan lebih ditingkatkan.

China juga akan mengkonsolidasikan pencapaian yang dicetak dalam perang melawan kemiskinan dan sepenuhnya mempromosikan strategi vitalisasi pedesaan.

China akan semakin meningkatkan kapasitas pemerintahan, meningkatkan demokrasi sosialis dan supremasi hukum, dan menunjukkan keadilan dan keadilan sosial. Sistem administrasi nasional akan disempurnakan, peran pemerintah akan lebih baik, serta efisiensi dan kredibilitas administrasi akan diperkuat secara signifikan.

Negara akan meningkatkan tata kelola sosial, terutama di tingkat masyarakat, terus meningkatkan sistem dan mekanisme untuk mencegah dan meredakan risiko besar, meningkatkan kemampuan untuk menanggapi keadaan darurat publik dan mencegah bencana alam, memperkuat jaminan keamanan untuk pembangunan, dan membuat langkah besar dalam modernisasi pertahanan nasional dan angkatan bersenjata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china pembangunan ekonomi china
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top