Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Elektabilitas Ganjar Tinggi, PDIP: Capres 2024 di Tangan Megawati

Hasto menyatakan keputusan calon presiden dan calon wakil presiden menjadi wewenang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Oktober 2020  |  12:59 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam pengumuman gelombang ketiaga 75 pasangan calon yang diusung PDIP di Pilkada Serentak 2020, Selasa (11/8/2020). JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam pengumuman gelombang ketiaga 75 pasangan calon yang diusung PDIP di Pilkada Serentak 2020, Selasa (11/8/2020). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menanggapi hasil survei elektabilitas tokoh yang potensial maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hasto memberikan sinyal bahwa PDIP sama sekali belum memikirkan pilpres mendatang.

Dia mengatakan PDIP menganut proses demokrasi yang menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi dalam menentukan pemimpin.

"Termasuk siapa yang akan menjadi presiden pada tahun 2024," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Kamis (29/10/2020).

Selain itu, Hasto menyatakan keputusan calon presiden dan calon wakil presiden menjadi wewenang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Hal ini juga sesuai amanat Kongres PDIP pada 2019 lalu.

"Ibu Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan, dengan mandat yang diberikan oleh kongres untuk menentukan pasangan calon tersebut," ujar Hasto.

Berikutnya, dia mengatakan pemimpin dari PDIP juga harus representasi dari rakyat, sehingga Megawati memiliki pertimbangan-pertimbangan penting dengan melihat kepentingan bangsa dan negara.

PDIP, kata Hasto, akan bekerja konkret di tengah rakyat dan bukan hanya memelototi hasil survei. Adapun skala prioritas partai adalah bergerak di tengah rakyat serta terus melakukan fungsi dan kaderisasi politik.

Merujuk survei Indikator Politik Indonesia, kader PDIP Ganjar Pranowo menempati posisi tertinggi berdasarkan simulasi tertutup 15 nama pilihan capres. Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah itu sebesar 18,7 persen.

Ada pula nama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani. Elektabilitas Puan berada di urutan kesebelas dengan 0,9 persen.

Survei ini digelar pada 24-30 September 2020 terhadap 1.200 responden melalui telepon, dengan margin of error 2,9 persen.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdip ganjar pranowo Pilpres 2024

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top