Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Simak 6 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Meski menghabiskan waktu di rumah merupakan salah satu pilihan terbaik saat ini, bukan berarti liburan ke luar kota atau luar rumah tidak bisa dilakukan dengan aman.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 25 Oktober 2020  |  17:32 WIB
Sejumlah petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta mencoba wahana permainan saat berwisata di Dufan, Ancol, Jakarta, Senin (22/7 - 2019). Wisata gratis bagi 20 ribu petugas PPSU tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada petugas yang telah menjaga kebersihan Ibu Kota. ANTARA
Sejumlah petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta mencoba wahana permainan saat berwisata di Dufan, Ancol, Jakarta, Senin (22/7 - 2019). Wisata gratis bagi 20 ribu petugas PPSU tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada petugas yang telah menjaga kebersihan Ibu Kota. ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Liburan panjang hanya tinggal menghitung hari, masyarakat pun sudah berencana untuk menghabiskan liburan panjang tersebut dengan bepergian ke luar kota.

Meski menghabiskan waktu di rumah merupakan salah satu pilihan terbaik saat ini, bukan berarti liburan ke luar kota atau luar rumah tidak bisa dilakukan dengan aman selama pandemi Covid-19.

Dilansir @satgascovid19.id, Minggu (25/10/2020), Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) membagikan 6 cara mengurangi risiko penularan saat liburan.

  1. Memastikan diri dalam keadaan sehat dan menjaga daya tahan tubuh

Sebelum memastikan untuk bepergian, pastikan anda dalam keadaan sehat. Apabila tubuh sedang dalam keadaan tidak sehat, maka tubuhmu akan rentang terserang penyakit.

Oleh karena itu, konsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh dalam keadaan baik.

  1. Disiplin diri dalam menerapkan protokol kesehatan

Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan selama masa pandemi diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah.

Namun, apabila hendak melakukan aktivitas di luar rumah, maka wajib melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan.

  1. Memastikan tempat penginapan, moda transportasi, dan lokasi wisata menerapkan protokol kesehatan

Pengelola atau manajemen tempat wisata juga harus menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung, seperti mengadakan registrasi online, menyiapkan tempat cuci tangan, menyediakan hand sanitizer, dan jaga jarak.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan liburan, disarankan untuk memilih tempat berlibur yang ada di luar ruangan serta lebih baik menggunakan transportasi pribadi.

  1. Cari tempat liburan yang tidak ramai dan tidak berada pada zona berisiko tinggi

Disarankan agar masyarakat mencari tempat liburan yang ramai sertia tidak berada di lokasi yang berisiko tinggi. Selain itu, masyarakat juga harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

  1. Pergi hanya bersama dengan orang rumah

Bila harus pergi, pastikan anda bepergian bersama dengan orang yang serumah supaya lebih aman. Untuk meminimalisir penularan, lansia, wanita hamil, dan anak-anak disarankan untuk tetap tinggal di rumah.

  1. Mengisolasi mandiri sampai ada kepastian tidak menjadi carrier

Lakukan isolasi mandiri selama 14 hari setelah bepergian dari tempat baru untuk memastikan anda tidak menjadi carrier.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liburan Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top