Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kenang Mendiang KH Abdullah Syukri Zarkasyi, SBY: Sahabat Saya

KH Abdullah Syukri Zarkasyi merupakan putra pertama dari KH Imam Zarkasyi yang adalah salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor tersebut.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  12:35 WIB
Mendiang KH Abdullah Syukri Zarkasyi, pimpinan pondok modern Darussalam Gontor, semasa hidup - Gontor.ac.id
Mendiang KH Abdullah Syukri Zarkasyi, pimpinan pondok modern Darussalam Gontor, semasa hidup - Gontor.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pimpinan pondok modern Darussalam Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi tutup usia, Rabu 21 Oktober 2020, pukul 15.50. Almarhum meninggal di kediamannya di Gontor.

Duka cita pun diungkapkan oleh masyarakat atas berpulangnya putra pertama dari KH Imam Zarkasyi salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor tersebut. Ungkapan itu juga datang dari Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Melalui akun Twitter resminya, @SBYudhoyono, eks Ketua Umum Partai Demokrat ini pun mengenang perjumpaannya dengan mendiang.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Saya turut berduka cita atas wafatnya sahabat saya, DR. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi. Saya punya kenangan indah saat berkunjung ke Ponpes Gontor th 2006 & 2008. Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadahnya & husnul khatimah. Amin YRA. *SBY*," demikian tulisnya pada akun media sosial tersebut.

KH Abdullah Syukri Zarkasyi lahir di Gontor 19 September 1942. Dia menamatkan Sekolah Dasar di desa Gontor pada tahun 1954.

Setelah menamatkan Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor pada 1960, dia melanjutkan studi di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Gelar Sarjana Muda diraihnya pada tahun 1965.

Selanjutnya, ia meraih gelar Lc. dari Universitas Al Azhar Kairo, Mesir, pada 1976 dan melanjutkan studi di lembaga yang sama hingga meraih gelar MA pada 1978. Pada 2005,  dia meraih gelar kehormatan Doctor Honoris Causa dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Semasa muda, KH Abdullah Syukri Zarkasyi tercatat aktif di sejumlah organisasi antara lain menjadi pengurus HMI Cabang Ciputat, Jakarta pada 1964.

Saat kuliah di Mesir, ia menjadi pengurus HPPI (Pelajar Islam) Kairo tahun 1971. Ia juga tercatat sebagai pengurus PPI Den Haag, Belanda tahun 1975.

Adapun, KH Abdullah Syukri Zarkasyi memimpin Pondok Modern Gontor sejak 1985.

Dalam organisasi keagamaan KH Abdullah Syukri Zarkasyi  tercatat pernah menjadi Ketua Majlis Ulama Indonesia Kabupaten Ponorogo, Ketua Badan Silaturrahmi Pondok Pesantren Jawa Timur (sejak 1999), Ketua Forum Silaturrahmi Umat Islam Ponorogo (sejak 1999), Ketua Majlis Pertimbangan Pendidikan dan Pengajaran Agama (sejak 1999)

Di tingkat pusat KH Abdullah Syukri Zarkasyi  tercatat di Dewan Penasehat MUI Pusat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sby pesantren Gontor
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top