Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ketua MPR Minta Pemda Tak Cepat Puas dan Tetap Terapkan 3M

Menurut Bamsoet 3M harus dipandang sebagai kebiasaan baru, bukan tuntutan.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  19:13 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo - TV Parlemen
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo - TV Parlemen

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengingatkan agar pemerintahan daerah di seluruh provinsi tetap waspada meski beberapa zona tercatat sudah mengalami perbaikan warna. 

"Jangan merasa bahwa situasi sudah aman dan merasa nyaman sehingga mulai melupakan pentingnya upaya pencegahan Covid-19," kata politikus partai Golkar yang populer dengan sapaan Bamsoet tersebut dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/10/2020).

Bamsoet menilai sikap merasa aman justru berbahaya. Menurut dia protokol 3M yang selama ini digaungkan Satgas Covid-19 harus dipandang sebagai suatu budaya baru yang wajib ditaati, alih-alih sebagai tuntutan.

"Satgas Penanganan Covid-19 juga harus tetap meningkatkan kedisiplinan aparat pemda dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun serta memastikan ketersediaan fasilitas yang mendukung di tempat terjangkau," kata Bamsoet.

Beberapa daerah tercatat sudah mengalami perbaikan status zona. Salah satunya, Jawa Timur.

Satgas Covid-19 provinsi Jawa Timur mencatat saat ini sudah ada 19 daerah alias 50 persen yang berganti status dari zona oranye jadi zona kuning.

Status zona kuning artinya suatu daerah sudah dipandang memiliki risiko Covid-19 yang rendah.

“Alhamdulillah, ini kabar yang sangat menggembirakan dan patut disyukuri,” ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Selasa (20/10/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bambang Soesatyo Covid-19
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top