Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kabar Baik! Volume Perdagangan Global Mendekati Tingkat Sebelum Krisis

PBB menyebut perdagangan global sedang mengalami pemulihan yang rapuh karena ekonomi yang dilanda pandemi berupaya keras memacu aktivitas ke posisi penuh.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  16:11 WIB
Kabar Baik! Volume Perdagangan Global Mendekati Tingkat Sebelum Krisis
Ilustrasi kapal kontainer - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) mencatat volume pengangkutan laut pada September 2020 mendekati level tahun sebelumnya.

CEO Kuehne+Nagel International AG Detlef Trefzger mengatakan tren pemulihan secara bertahap akan berlanjut.

PBB menyebut perdagangan global sedang mengalami pemulihan yang rapuh karena ekonomi yang dilanda pandemi berupaya keras memacu aktivitas ke posisi penuh.

"Kami telah melihat volume secara bertahap kembali dari bulan ke bulan, dan tren diperkirakan akan terus berlanjut," Detlef Trefzger yang mengepalai perusahaan pengiriman barang asal Swiss itu, dilansir Bloomberg, Rabu (21/10/2020).

Kebangkitan perdagangan internasional adalah prasyarat utama bagi ekonomi global untuk keluar dari resesi bersejarah yang disebabkan oleh pandemi virus Corona.

Dana Moneter Internasional atau IMF memperkirakan penurunan 4,4 persen dalam produk domestik bruto global tahun ini dan telah memperingatkan bahwa jalur pemulihan tidak merata.

"Kami sangat senang melihat usaha kecil dan menengah, terutama, juga industri yang agak tertekan seperti industri otomotif atau industri produksi industri, industri permesinan, kini telah kembali ke situasi yang hampir normal," lanjut Trefzger.

Dalam laporannya UNCTAD mengatakan bahwa meskipun kuartal ketiga mencatatkan rebound, perdagangan global diperkirakan akan anjlok sekitar 7 persen tahun ini. Kemerosotan yang lebih dalam mungkin terjadi jika pandemi kembali menyebar atau pemerintah kembali memberlakukan pembatasan perdagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perdagangan internasional pandemi corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top