Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Yunani Alami Gelombang Baru Covid-19, Kaum Muda Paling Banyak

Pandemi menyebar cepat di wilayah utara Yunani. Kaum muda diminta mematuhi aturan penggunaan masker dan jaga jarak sosial.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  13:55 WIB
Ilustrasi-Sejumlah warga Yunani berjalan melintasi bendera negara itu di Lapangan Utama Konstitusi (Syntagma) di Athena, Yunani, Selasa (7/7/2015). - Reuters
Ilustrasi-Sejumlah warga Yunani berjalan melintasi bendera negara itu di Lapangan Utama Konstitusi (Syntagma) di Athena, Yunani, Selasa (7/7/2015). - Reuters

Bisnis.com, ATHENA - Gelombang baru penularan Covid-19 terjadi di Yunani. Kaum muda disebut sebagai penyumbang terbanyak kasus konfirmasi positif Sars-CoV-2 alias virus Corona.

Pada Selasa, Yunani melaporkan rekor baru kasus harian Covid-19. Tercatat kasus positif menembus angka 600 kasus untuk pertama kalinya.

Kaum muda menyumbang mayoritas infeksi baru tersebut, menurut otoritas kesehatan.

Otoritas Yunani mengatakan secara nasional tercatat 667 kasus baru dan delapan kematian terkait Covid-19.

"Pandemi memberikan tanda jelas bahwa virus masih terus menyebar," kata ahli epidemiologi Gikas Magiorkinis.

Menurut dia, kelompok usia 18-39 tahun menyumbang sekitar 60 hingga 70 persen kasus baru Covid-19.

Gikas menyebutkan pandemi menyebar cepat di wilayah utara Yunani. Pihaknya juga mendesak kaum muda agar mematuhi aturan penggunaan masker dan jaga jarak sosial.

Sebelumnya, Yunani membatalkan rencana untuk mengizinkan para penonton kembali menyaksikan turnamen olah raga. Pembatalan izin dilakukan guna membantu mencegah penyebaran virus Corona baru, kata kantor Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis.

"Ini bukan waktu yang tepat bagi penggemar olah raga untuk balik ke lapangan, itu akan mengirimkan pesan yang keliru," kata Wakil Menteri Perlindungan Sipil Nikos Hardalias.

Hardalias menuturkan gambaran epidemiologis dari pandemi di daerah metropolitan Athena masih "sangat stabil".

"Bagaimana kehidupan kita akan berlangsung dengan adanya pandemi ini itu ada di tangan kami. Terapkan langkah-langkah pencegahan," kata Hardalias.

Kendati terjadi lonjakan kasus baru, Yunani masih bernasib lebih baik dibanding dengan banyak negara Eropa lainnya. Tingkat infeksi Covid-19 di Yunani tergolong relatif rendah dibanding negara lain di Eropa.

Data pada Selasa menunjukkan total kasus Covid-19 di Yunani mencapai 26.469 kasus dengan 528 kematian sejak awal pandemi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona yunani Covid-19

Sumber : Antara/Reuters

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top