Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menkes Terawan Tandatangani Kerja Sama 7 Bidang Kesehatan dengan Jepang

Indonesia selalu menghadapi tantangan yang harus dihadapi bersama. Tantangan tersebut berhubungan dengan sistem surveilans, kapasitas laboratorium, infrastruktur kesehatan, dan akses terhadap vaksin dan pengobatan.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 20 Oktober 2020  |  12:51 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto  - Kemenkes
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto - Kemenkes

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang menandatangani kerja sama bidang kesehatan secara virtual, Senin (19/10/2020).

Kesepakatan kerja sama dilakukan untuk menguatkan sistem kesehatan antara kedua negara.

Terdapat 7 bidang kesehatan yang disepakati dalam kerja sama tersebut antara bidang farmasi dan alat kesehatan, pengembangan sumber daya manusia, dan layanan kesehatan.

Bidang lainnya adalah teknologi informasi kesehatan, layanan perawatan lansia, pencegahan dan pengendalian penyakit, serta kesehatan lingkungan.

Menkes Terawan Agus Putranto mengatakan Indonesia selalu menghadapi tantangan yang harus dihadapi bersama. Tantangan tersebut berhubungan dengan sistem surveilans, kapasitas laboratorium, infrastruktur kesehatan, dan akses terhadap vaksin dan pengobatan.

“Kerja sama bilateral menjadi salah satu kunci dalam menghadapi tantangan tersebut termasuk dalam rangka memerangi Covid-19. Kerja sama itu melibatkan lembaga pemerintah lain, sektor swasta, dan organisasi kemasyarakatan,” kata Terawan, dikutip dari keterangan pers Kemenkes, Selasa (20/10/2020).

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Menkes Terawan dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi.

Kementerian Luar Negeri RI telah lama berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Jepang sejak 2017 dalam mengembangkan Memorandum of Cooperation untuk meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang indonesia menteri kesehatan dokter terawan
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top