Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkes Terawan Tandatangani Kerja Sama 7 Bidang Kesehatan dengan Jepang

Indonesia selalu menghadapi tantangan yang harus dihadapi bersama. Tantangan tersebut berhubungan dengan sistem surveilans, kapasitas laboratorium, infrastruktur kesehatan, dan akses terhadap vaksin dan pengobatan.
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto /Kemenkes
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto /Kemenkes

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang menandatangani kerja sama bidang kesehatan secara virtual, Senin (19/10/2020).

Kesepakatan kerja sama dilakukan untuk menguatkan sistem kesehatan antara kedua negara.

Terdapat 7 bidang kesehatan yang disepakati dalam kerja sama tersebut antara bidang farmasi dan alat kesehatan, pengembangan sumber daya manusia, dan layanan kesehatan.

Bidang lainnya adalah teknologi informasi kesehatan, layanan perawatan lansia, pencegahan dan pengendalian penyakit, serta kesehatan lingkungan.

Menkes Terawan Agus Putranto mengatakan Indonesia selalu menghadapi tantangan yang harus dihadapi bersama. Tantangan tersebut berhubungan dengan sistem surveilans, kapasitas laboratorium, infrastruktur kesehatan, dan akses terhadap vaksin dan pengobatan.

“Kerja sama bilateral menjadi salah satu kunci dalam menghadapi tantangan tersebut termasuk dalam rangka memerangi Covid-19. Kerja sama itu melibatkan lembaga pemerintah lain, sektor swasta, dan organisasi kemasyarakatan,” kata Terawan, dikutip dari keterangan pers Kemenkes, Selasa (20/10/2020).

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Menkes Terawan dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi.

Kementerian Luar Negeri RI telah lama berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Jepang sejak 2017 dalam mengembangkan Memorandum of Cooperation untuk meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper