Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Relawan Tenaga Medis Tidak Bisa Komplain Jika Tunjangan Terlambat Turun. Mengapa?

Para relawan tenaga medis dalam penanganan Covid-19 mengaku tak bisa komplain jika tunjangan dari pemerintah terlambat atau bahkan tidak diterima.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 02 Oktober 2020  |  21:12 WIB
Sejumlah calon relawan mengantre untuk melakukan tes kesehatan di Komplek Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). - Antara
Sejumlah calon relawan mengantre untuk melakukan tes kesehatan di Komplek Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Para relawan tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 mengaku tidak bisa komplain jika tunjangan dari pemerintah terlambat atau bahkan tidak mereka terima.

"Jadi saya rasa tidak bisa komplain juga dan walaupun mungkin ngga tepat waktu [menerima tunjangan] juga ngga bisa komplain juga, karena basis kami kerelawanan," kata dr. Debryna, dokter yang menjadi relawan di RSD Wisma Atlet Kemayoran, dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (2/10/2020).

Senada, perawat Rustina Susanti yang bertugas di RSUD dr. Kanujoso di Balikpapan pun tidak bisa berbuat apa-apa jika tunjangan kepada tenaga medis tidak atau terlambat diberikan pemerintah.

Namun, dia tidak memungkiri bahwa tunjangan bagi para tenaga medis menjadi penyemangat mereka dalam melayani.

"Kemarin kita terima sih dari Maret, April, Mei, Alhamdullilah menjadi 'imun' bagi teman-teman [nakes], jadi penyemangat," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada pekan lalu, serapan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dari sisi anggaran baru mencapai 21,1 persen dari total pagu anggaran.

Serapan minim ini dipicu oleh keterlambatan pembayaran insentif tenaga kesehatan.

Walhasil, pemerintah pun akan menerapkan strategi baru yakni pemberian tunjangan atau insentif kepada para nakes yang awalnya tiga bulanan menjadi bulanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tenaga medis covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top