Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bukan Lagi Jack Ma, Ini Orang Terkaya di China Sekarang

kekayaannya mencapai US$58,7 miliar per hari Rabu (23/9/2020), US$2 miliar lebih banyak dari Jack Ma yang berada di bawahnya.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 24 September 2020  |  10:42 WIB
Pendiri Alibaba Jack Ma menjadi pembicara di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018). - ANTARA/M Agung Rajasa
Pendiri Alibaba Jack Ma menjadi pembicara di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018). - ANTARA/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA – Seorang taipan bisnis air kemasan dan vaksin menjadi orang terkaya di China, mengambil alih posisi yang sebelumnya diduduki oleh pendiri Alibaba Group, Jack Ma.

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, chairman Nongfu Spring, Zhong Shanshan, memiliki kekayaan hingga US$58,7 miliar per hari Rabu (23/9/2020), US$2 miliar lebih banyak dari Jack Ma yang berada di bawahnya.

Zhong sekarang menjadi orang terkaya kedua di Asia, di belakang Mukesh Ambani dari India, dan merupakan orang terkaya ke-17 di dunia, di depan Charles Koch dan Phil Knight.

Zhong sering mendapat julukan sebagai "Lone Wolf" karena dia menghindari politik dan kelompok bisnis. Kekayaan Zhong telah melonjak US$51,9 miliar pada tahun 2020, lebih dari siapa pun di dunia kecuali Jeff Bezos pemilik Amazon.com Inc. dan pendiri Tesla Inc Elon Musk

Keunggulan Zhong atas Jack Ma ini juga tak terlepas dari penurunan sejumlah saham teknologi. Kekayaan Jack Ma sendiri turun setelah saham Alibaba Group Holding anjlok. Selain itu, kekayaan Jeff Bezos dan Elon Musk juga mengalami penurunan tajam.

Penawaran umum perdana perusahaan air kemasan Nongfu Spring Co., yang ternyata menjadi yang paling populer di antara investor ritel Hong Kong, mendorong Zhong ke tiga besar terkaya di China awal bulan ini.

Itu terjadi setelah produsen vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co. mencatatkan perdagangan saham pada bulan April dan mendorong kekayaan bersihnya menjadi US$20 miliar pada awal Agustus.

Lebih Kaya dari Jck Ma

Meskipun Zhong telah melampaui Jack Ma sebagai orang terkaya di China, taipan teknologi itu mungkin akan segera mendapatkan kembali posisi teratas, yang dia pegang hampir selama enam tahun terakhir setelah IPO Ant Group di bursa AS bulan depan.

Dengan kepemilikan sahamnya di Ant Group, valuasi saham perseroan yang dimiliki Jack Ma diperkirakan meningkat menjadi US$28 miliar jika perusahaan mencapai target valuasi US$250 miliar setelah penawaran umum perdana.

Hari Rabu (23/9/2020) menjadi hari yang brutal untuk saham teknologi AS. Penurunan kekayaan Musk adalah yang terbesar di antara 500 orang terkaya di dunia versi Bloomberg, diikuti oleh Bezos, yang kekayaan bersihnya turun US$7,1 miliar.

Kekayaan Elon Musk sekarang mencapai US$93,2 miliar, sedangkan Bezos mencapai US$178 miliar. Kekayaan Zhong meningkat hampir US$4 miliar Rabu, lebih dari siapa pun di indeks tersebut..

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jack ma
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top