Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Desa Wisata Harus Didukung Konektivitas Digital

Pengembangan pariwisata berkelanjutan di desa harus disesuaikan dengan kemampuan sumber daya manusia di desa itu sendiri.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 24 September 2020  |  13:58 WIB
Desa wisata Mengwi. - Istimewa
Desa wisata Mengwi. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah menegaskan pengembangan desa wisata harus didukung oleh koneksi digital. Desa wisata juga harus didukung oleh kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang memadai.

Budi Arie Setiadi, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengatakan tanpa konektivitas digital maka keindahan sebuah desa wisata bisa jadi tak berarti apa-apa.

“Maka desa wisata harus bersanding dengan desa digital, terutama dalam mewujudkan ekosistem digital dalam konsep desa wisata,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (24/9/2020).

Budi menambahkan pengembangan pariwisata berkelanjutan di desa juga harus disesuaikan dengan kemampuan SDM di desa itu sendiri. Pasalnya, arah pembangunan sebuah perdesaan seharusnya ditentukan oleh warga desa itu sendiri.

Menurutnya, SDM memainkan peran sangat penting dalam pengembangan desa wisata. Masyarakat harus menjadi subjek pembangunan di desa.

"Karena prinsip pembangunan desa adalah harusnya menjadikan warga desa sebagai subjek pembangunan. Dalam artian warga desa lah yang menjadi subjek utama pengembangan desa wisata tersebut,” paparnya.

Untuk itu, katanya, pengembangan desa wisata juga harus melibatkan para generasi muda. Menurutnya, semangat kerja keras dan inovatif dari pemuda-pemuda desa cenderung dapat menghasilkan karya luar biasa.

“Saya melihat semua desa wisata yang bagus, yang maju, saya lihat yang menggerakkan itu anak muda,” katanya.

Budi menegaskan desa-desa di Indonesia memiliki potensi besar di bidang pariwisata. Selain keindahan alam, menurutnya, adat dan budaya di perdesaan yang bervariasi memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Dari 74.953 desa, cukup banyak desa yang memiliki potensi wisata. Banyak sekali pantai yang indah, gunung, dan budaya yang dimiliki desa. 74.953 desa ini memiliki karakter budaya dan ekosistem yang berbeda-beda di masyarakat,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

digital DESA WISATA
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top