Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Usai Diterjang Puting Beliung, Perbaikan RSKI Pulau Galang Hanya Setengah Hari

Kerusakan yang dialami RSKI Pulau Galang akibat angin puting beliung yang terjadi pada Kamis (17/9/2020) dipastikan tak menggangu upaya penanganan pasien Covid-19.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 18 September 2020  |  17:14 WIB
Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang dalam proses renovasi setelah tertiup angin puting beliung / Youtube BNPB
Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang dalam proses renovasi setelah tertiup angin puting beliung / Youtube BNPB

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang sempat diterpa angin puting beliung pada Kamis (17/9/2020). Namun, tidak ada kerusakan yang mengganggu operasional rumah sakit yang merawat pasien virus Corona tersebut.

Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Tentara Nasional Indonesia Mayor Jenderal Syafruddin Noor menjelaskan bahwa hanya koridor depan dan teras yang terdampak.

“Alhamdulillah dampak dari puting beliung sudah selesai hanya dalam setengah hari, sehingga sekarang berjalan seperti yang selama ini dilaksanakan,” kata Syafruddin dalam acara diskusi mengenai Update RSKI Pulau Galang dan Kesiapan Hotel untuk Pasien Covid-19 yang digelar BNPB Indonesia, Jumat (18/9/2020).

Dia melanjutkan bahwa bencana tersebut tidak mengganggu proses perawatan pasien Covid-19. Namun, kemungkinan ada pasien yang sempat panik, tetapi hal ini tidak terlalu memberikan dampak signifikan terhadap kondisi pasien.

“Itu hanya atapnya terbang hanya berapa meter. Tempat itu bukan tempat perawatan pasien, jadi hampir tidak berpengaruh [terhadap pasien],” kata Syafruddin.

Adapun, RSKI Pulau Galang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau. Hingga saat ini RSKI telat merawat total 2.785 orang. Sekitar 90 persen di antaranya sudah keluar, baik sembuh, dirujuk ke rumah sakit lain, dan pulang ke tempat asal masing-masing.

RSKI Pulau Galang tengah merawat 274 pasien per Jumat (18/9/2020). Dari total tersebut, perinciannya 180 pria dan 94 orang wanita. Dibandingkan dengan hari sebelumnya, jumlah pasien yang dirawat telah berkurang 2 orang.

Sementara itu, dilihat dari pasien yang positif Covid-19 tercatat bertambah 4 dari 182 menjadi 186 orang. Selanjutnya, untuk pasien berstatus suspek saat ini jumlahnya 88 orang atau berkurang 6 orang dari hari sebelumnya sebanyak 94 orang.

Perincian pasien yang keluar dari RSKI Pulau Galang adalah 7 orang dirujuk ke RS lain, sembuh 608 orang, pasien suspek selesai perawatan 1.896 orang, dan tidak ada yang meninggal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top