Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Penembakan Jacob Blake Jr., Gedung Putih Kerahkan Garda Nasional

Video menunjukkan Blake mencoba masuk ke mobilnya, dengan seorang polisi menarik kaus putih Blake, lalu melepaskan beberapa tembakan dari jarak dekat ke punggungnya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  09:55 WIB
Aksi protes menyusul penembakan Jacob Blake, seorang pria kulit hitam di Kenosha City, Wisconsin, AS. - Bloomberg
Aksi protes menyusul penembakan Jacob Blake, seorang pria kulit hitam di Kenosha City, Wisconsin, AS. - Bloomberg

Bisnis.com, WASHINGTON - Kasus penembakan terhadap Jacob Blake Jr. oleh tiga anggota polisi membuat Wisconsin diguncang aksi unjuk rasa.

Untuk mengatasi situasi, Gedung Putih telah mengerahkan hampir 1.000 personel pasukan Garda Nasional di wilayah tersebut.  

Hal itu disampaikan pihak Gedung Putih, Rabu (26/8/2020).

Pengerahan hampir 1.000 anggota pasukan Garda Nasional dilakukan menyusul protes yang mengguncang kota Kenosha setelah polisi menembak Blake, seorang pria kulit hitam, pada Minggu (23/8/2020).

"Presiden Trump mengecam kekerasan dalam semua bentuk dan percaya kami harus melindungi semua warga Amerika dari kekacauan dan anarki," ujar juru bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany.

Pernyataan Gedung Putih itu disampaikan setelah Departemen Kehakiman secara terpisah menyatakan mengerahkan lebih dari 200 petugas penegak hukum ke kota itu.

Dalam kasus Winconsin, jaksa agung negara bagian itu mengatakan para penyelidik menemukan sebuah pisau dari kabin mobil di samping sopir ke arah mana Jacob Blake Jr, mencondong saat dia ditembak di punggung oleh polisi tiga hari lalu.

"Kami membantu Wisconsin mengerahkan hampir 1.000 Garda Nasional dan lebih 200 personel penegak hukum federal, yang termasuk FBI dan para pejabat hukum AS," ujar McEnany.

Juru bicara Departemen Kehakiman Kerri Kupec sebelumnya menulis di Twitter bahwa para penegak hukum dikerahkan ke Wisconsin termasuk petugas dan pejabat hukum FBI, Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak dan Dinas Marshal AS.

Pengerahan itu, kata Kupec, bertujuan "membantu negara bagian dan penegakan hukum setempat dalam menanggapi kerusuhan dan keresahan dan akan terus memberikan sumber daya federal kepada Kenosha saat dibutuhkan dan perlu."

 Jacob Blake Jr., seorang pria kulit hitam, ditembak di belakang tubuhnya oleh polisi Minggu di Kenosha, Wisconsin.

Video menunjukkan Blake mencoba masuk ke mobilnya, dengan seorang polisi menarik kaus putih Blake, lalu melepaskan beberapa tembakan dari jarak dekat ke punggungnya.

Ayah Blake, yang juga bernama Jacob Blake, mengatakan kepada ABC News jika dia diberitahu bahwa putranya lumpuh mulai dari pinggang ke bawah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat rasisme penembakan

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top