Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heboh! Akun Pandu Riono Dibajak. Netizen: Klik Tanda Titik Tiga!

Netizen bereaksi atas munculnya foto Pandu Riono bersama seorang perempuan di lini massa Twitter. Akun Pandu Riono dibajak?
Dosen Statistik Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono./JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Dosen Statistik Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono./JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Lini massa twitter malam ini, Rabu (19/8/2020) heboh dengan munculnya foto epidemiolog Pandu Riono bersama seorang perempuan.

Foto yang dibubuhi kalimat yang mengesankan Pandu Riono bersama calon istri kedua itu sontak dikomentari netizen.

Seperti diketahui, selama ini melalui komentar-komentarnya, Pandu Riono terkesan berseberangan dengan pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Akibatnya, kemunculan foto Pandu Riono bersama seorang perempuan dinilai warganet sebagai upaya membajak akun sekaligus untuk menjatuhkan citra Pandu Riono.

Akun @kamalbukankemal termasuk yang menyebutkan dugaan pembajakan akun Pandu Riono.

"Akun dr Pandu Riono (Epidemiolog & dosen FKM UI), orang yg kerap kali mengkritik kebijakan pemerintah (terutama soal penanganan Covid) baru saja dibajak, jadi inget kasus Ravio Patra euy," cuit akun @kamalbukankemal. seperti dipantai Bisnis.com, Rabu (19/8/2020) malam.

Pandu Riono sendiri saat dikonfirmasi Bisnis.com, membenarkan jika akun Twitternya diretas.

"Ya kena hack," ujarnya singkat.

Akun @kamalbukankemal menambahkan, apa yang terjadi dengan akun Pandu Riono "menunjukkan betapa tidak berdayanya kita di negara ini ketika senang melayangkan kritik"  

Akun @kamalbukankemal menyebutkan sebelum muncul foto Pandu Riono dengan seorang perempuan, yang bersangkutan sempat mencuit opininya melalui android.

"Sebelum ngetweet aneh aneh, dr Pandu mentweet opininya melalui android. Selang berapa lama kemudian, ada foto foto dengan wanita lain melalui Twitter Web App," ujar akun @kamalbukankemal.

Lantas siapa pelaku pembajakan akun ini? Sejauh ini belum ada yang bisa menjelaskan selain menduga-duga.

Terlepas dari siapa pelakunya, akun @yanuarnugroho mengajak warganet untuk melaporkan aksi peretasan tersebut.

"Teman2, nampaknya akun @drpriono dibajak & digunakan utk menjatuhkan reputasi beliau. Silakan report ttg peretasan ini. 1. Klik tanda ... di halaman profil twitter dr Pandu Riono @drpriono 2. Pilih report @drpriono 3. Lalu pilih “It appears their account is hacked” Tkasih!," ujar akun @yanuarnugroho.

Siapa Pandu Riono?

Selama ini publik mengenal Pandu Riono melalui komentar-komentarnya yang terkesan berseberangan dengan penanganan Covid-19 yang dijalankan pemerintah. Lantas siapa Pandu Riono sesungguhnya?

Berdasarkan keterangan di laman http://staff.ui.ac.id,  Pandu Riono adalah pemegang gelar doktor dan salah satu staf pengajar senior di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, untuk bidang Biostatistik dan Kependudukan.

Pandu lulus dari Fakultas Kedokteran UI dan meraih gelar master dari bidang biostatistik dari Pittsburgh University.

Pandu di antaranya menekuni spesialisasi bidang modeling matematika untuk HIV/AIDS, TB, STI (sexually transmitted infections), Hepatitis B/C  dan Risiko Penyakit Seksual terkait dengan HIV dan STI.

Dia juga menaruh minat pada isu risiko terkait penyakit infeksi baru (emerging Infectious) dan isu-isu terkait epidemiologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : Twitter

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper