Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPB Gelar Ujian Mandiri UTMBK dan Ujian Kelas Internasional, 7.023 Peserta Ikut

Sebanyak 7.023 peserta mengikuti ujian yang terdiri dari 6.948 peserta UTMBK dan 75 peserta jalur Kelas Internasional. 
Institut Pertanian Bogor (IPB)/ipb.ac.id
Institut Pertanian Bogor (IPB)/ipb.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Institut Pertanian Bogor (IPB) University menggelar ujian mandiri untuk program sarjana yaitu Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK) dan jalur Kelas Internasional gelombang II pada hari ini, Sabtu 15 Agustus 2020.

Sebanyak 7.023 peserta mengikuti ujian yang terdiri dari 6.948 peserta UTMBK dan 75 peserta jalur Kelas Internasional.  Sementara UTMBK program diploma akan dilaksanakan pada 16 Agustus 2020 dengan diikuti 1.409 peserta.  Seluruh ujian ini dilaksanakan secara online.

Khusus untuk jalur Kelas Internasional dibuka untuk lima program studi yaitu Kedokteran Hewan, Ilmu dan Teknologi Kelautan, Teknik Industri Pertanian, Teknologi Pangan, dan Bisnis.

Sebelum pelaksanaan ujian online ini, terlebih dahulu dilakukan ujicoba sistem yang telah dilaksanakan pada 9-14 Agustus (Tahap I) dan 12-14 Agustus (Tahap II).

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Dr Drajat Martianto mengatakan, uji coba sistem ini bertujuan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan pada saat ujian berlangsung.

"Untuk keperluan tes, peserta harus download dan instal Safe Exam Browser (SEB). Dalam ujicoba peserta diminta untuk download dan upload Pakta Integritas. Jadi dalam uji coba ini  diharapkan peserta memahami cara ujian online di sistem IPB University.  Dalam uji coba ini peserta bisa mengenal tipe soal, bukan materi soalnya, " jelasnya dikutip dari laman resmi IPB.

Drajat juga mengatakan, peserta dipastikan sudah login ke sistem ujian sebelum hari pelaksanaan ujian.

Pelaksanaan jalur ini digelar setelah sebelumnya IPB University menerima sebanyak 1835 mahasiswa baru program sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),  1500 orang melalui  jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), 296 orang melalui Jalur Ketua OSIS, 79 orang melalui jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), 168 orang melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD),  70 orang melalui jalur Kelas Internasional Gelombang I, serta 2500 orang melalui Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) untuk program diploma (D3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper