Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bantuan Dana Pesantren di Masa Pandemi Covid-19 Segera Cair

Anggaran akan diberikan sebagai bantuan operasional (BOP) untuk 21.173 pesantren yang terdiri dari pesantren kategori kecil, sedang dan besar.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  13:37 WIB
Pesantren harus mendapatkan perhatian khusus dalam pencegahan Covid-19, mengingat tradisi pesantren yang begitu kental dengan kebersamaan antarsantri.  - LAZISNU\n
Pesantren harus mendapatkan perhatian khusus dalam pencegahan Covid-19, mengingat tradisi pesantren yang begitu kental dengan kebersamaan antarsantri. - LAZISNU\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama segera menyalurkan anggaran sebesar Rp2,59 triliun untuk membantu pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan Islam di masa pandemi Covid-19.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono mengatakan bahwa proses verifikasi penerima bantuan sudah selesai dan Surat Keputusan (SK) Dirjen Pendidikan Islam akan segera terbit.

"Insya Allah, SK bantuan akan terbit tanggal 12 atau 13 Agustus 2020. Proses verifikasi sudah selesai," katanya melalui keterangan resmi, Selasa (11/8/2020).

Dia menjelaskan surat keputusan tersebut sudah mencantumkan daftar nama pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan Islam, lengkap dengan alamat dan nomor rekening yang dibuat oleh tim direktorat.

Para penerima akan mendapatkan surat pemberitahuan sebagai penerima dari kementerian. Mereka juga akan dibimbing tata cara pencairan bantuan tersebut.

Menurutnya, proses verifikasi dilakukan secara cermat dan teliti untuk memastikan bantuan diberikan tepat sasaran. Proses persiapan dan pelaksanaan pemberian bantuan ini juga melibatkan Kementerian dan Lembaga terkait di luar Kemenag.

"Besar harapan kami, bantuan ini dapat meringankan beban pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan Islam yang tentunya ikut terdampak dengan pandemi ini," ujarnya..

Lebih lanjut, anggaran akan diberikan sebagai bantuan operasional (BOP) untuk 21.173 pesantren. Jumlah ini terdiri dari 14.906 pesantren dengan kategori kecil yaitu berkisar 50-500 santri, mendapat bantuan sebesar Rp25 juta. Lalu 4.032 pesantren kategori sedang sekitar 500-1.500 santri akan mendapat bantuan Rp40 juta.

"Bantuan juga akan diberikan kepada 2.235 pesantren kategori besar dengan santri di atas 1.500 orang. Nilai bantuannya adalah Rp50 juta," terangnya.

Selain pesantren, bantuan juga akan disalurkan sebagai BOP untuk 62.153 Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT). Masing-masing MDT akan mendapat Rp10 juta. Bantuan lainnya diberikan untuk 112.008 Lembaga Pendidikan Al Qur'an (LPQ) masing-masing Rp10 juta.

Selain bantuan operasional, Kemenag juga berikan bantuan pembelajaran daring kepada 14.115 lembaga. Tiap lembaga akan mendapat Rp15 juta. Namun diberikan per bulan Rp5juta selama tiga bulan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenag pesantren covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top