Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mendagri dan Kemendes PDTT Dorong Kampanye Pakai Masker di Desa

Mendagri Tito Karnavian melakukan sosialisasi itu bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  18:57 WIB
Mendagri Tito Karnavian - Antara/Boyke Ledy Watra
Mendagri Tito Karnavian - Antara/Boyke Ledy Watra

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melakukan pengawasan dan sosialisasi kepada masyarakat di desa untuk menggunakan masker.

Tito menyadari masih adanya masyarakat yang belum memahami pentingnya penggunaan masker. Untuk itu, Mendagri yang juga Ketua Pembina Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan dan Keluarga (TP-PKK) bersama Kementerian Desa berkoordinasi untuk membangun desa yang aman dari Covid-19.

“Hari ini kita spesifik membicarakan juga tentang membangun dan menggelorakan desa aman Covid-19 yang sebetulnya sudah sporadis dilaksanakan juga, dan ada juga yang sudah terstruktur dilaksanakan oleh Bapak Mendes, kita membuat basis pertahanan Covid-19 itu di desa-desa dan kampung-kampung gitu,” kata Mendagri usai melakukan pertemuan di kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi , Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Selain dukungan regulasi melalui surat edaran dan arahan kepada kepala daerah, Mendagri juga berkoordinasi untuk pembagian masker dan kewajiban penggunaannya.

Nah oleh karena itu salah satu item dari desa atau kampung aman Covid-19 itu di antaranya adalah masalah pemakaian masker, kewajiban masyarakat di kampung atau desa itu untuk menggunakan masker, ada program-program pembagian masker, ada program sosialisasi bagaimana menggunakan masker yang benar,” ujarnya.

Sosialisasi pemakaian masker sudah dilakukan oleh para kader secara door to door. Tidak hanya membagikan masker, tetapi juga mensosialisasikan pemakaian masker yang benar dan kegunaan masker tersebut.

Tito menambahkan program kesehatan merupakan bagian dari salah satu program kesehatan. Oleh karenanya, program pembagian masker akan menjadi salah satu program kesehatan yang mendukung pemutusan penularan Covid-19.

Kegiatan ini akan dilakukan oleh jaringan PKK di seluruh Indonesia di mana TP-PKK adalah salah satu unsur pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan sampai ke desa. 

Di sisi lain, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan, program sosialisasi protokol kesehatan dan pembagian masker akan didukung oleh penggunaan dana desa di bawah koordinasi Ketua Umum Tim Penggerak PKK.

“Terkait dengan Covid-19, desa tanggap Covid-19 atau desa aman Covid-19 sesuai dengan instruksi atau arahan Bapak Presiden kita juga akan melakukan gerakan masif melalui dana desa untuk pengadaan masker yang produksinya dilakukan oleh desa,” kata Abdul Halim Iskandar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top