Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menag : Perbanyak Porsi Daging Kurban untuk Fakir Miskin

Kedermawanan dan kepedulian sosial perlu ditingkatkan untuk meringankan beban masyarakat, terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  16:14 WIB
Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan memeriksa Kesehatan hewan kurban yang dijual di kawasan Jakarta Selatan, Senin (20/8). Pemeriksaan kesehatan itu untuk memastikan seluruh hewan kurban yang dijual oleh pedagang tersebut layak dijual dan dikonsumsi masyarakat.  - Antara
Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan memeriksa Kesehatan hewan kurban yang dijual di kawasan Jakarta Selatan, Senin (20/8). Pemeriksaan kesehatan itu untuk memastikan seluruh hewan kurban yang dijual oleh pedagang tersebut layak dijual dan dikonsumsi masyarakat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau agar masyarakat dapat membagikan hewan kurban kepada fakir miskin dan masyarakat terdampak Covid-19.

Tahun ini perayaan Iduladha berlangsung di tengah pandemi Corona. Kondisi ini juga dialami masyarakat muslim saat perayaan Idulfitri beberapa bulan lalu.

Menag pun mengimbau supaya ibadah penyembelihan hewan kurban memperhatikan pelbagai protokol kesehatan. Selain itu, umat muslim diimbau agar memperbanyak porsi daging kurban bagi fakir miskin dan masyarakat terdampak Covid-19. 

“Untuk kali ini karena sebagian besar masyarakat sedang susah akibat terdampak covid-19, sebaiknya sebanyak mungkin daging kurban itu kita berikan kepada fakir miskin dan masyarakat yang terdampak,” katanya melalui siaran pers, Kamis (30/7/2020).

Menurutnya, upaya itu bertujuan untuk meningkatkan kedermawanan umat muslim meskipun secara syariat daging kurban boleh dimakan oleh yang berkurban dan keluarganya, termasuk boleh dibagikan kepada tetangga dan handai taulan.

Lebih lanjut, kata Fachrul, kedermawanan dan kepedulian sosial perlu ditingkatkan untuk meringankan beban masyarakat, terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19. 

“Mari kita terus berdoa kepada Allah semoga wabah Covid-19 ini segera berakhir dan hilang dari negeri Indonesia dan seluruh belahan dunia, serta kita mampu menjadikan Hari Raya Iduladha sebagai momentum untuk mengantarkan pribadi yang semakin saleh dan rela berkurban untuk sesuatu yang lebih baik dan mulia,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hewan kurban iduladha
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top