Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Goldman Sachs: Pandemi Covid-19 Dorong Perbankan Digital

Riset Goldman Sachs menunjukkan bahwa lebih dari seperempat pelanggan tidak berencana kembali mendatangi kantor cabang bank-bank kendati aman untuk dilakukan di kemudian hari.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  07:52 WIB
Goldman Sachs. - Bloomberg
Goldman Sachs. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 dinilai telah mempercepat pergerakan konsumen menuju layanan keuangan online dan menunjukkan bahwa bank-bank dapat beroperasi dengan lebih sedikit operasional fisik.

Menurut Kepala divisi konsumen di Goldman Sachs Group Harit Talwar, riset perusahaan menunjukkan bahwa lebih dari seperempat pelanggan tidak berencana kembali mendatangi kantor cabang bank-bank kendati aman untuk dilakukan di kemudian hari.

Marcus, platform online yang dijalankan oleh Talwar, menyediakan akun tabungan dan pinjaman pribadi, serta kartu kredit dalam kemitraan dengan Apple Inc. Selain itu, ada rencana melancarkan akun pengecekan untuk tahun 2021.

Dorongan konsumen yang dilakukan oleh Goldman adalah bagian dari upaya untuk menggerus ketergantungan pada perdagangan dan perbankan investasi.

Suku bunga rendah telah menekan keuntungan perusahaan di akun-akun berimbal hasil tinggi, serta mendorong Marcus untuk memangkas suku bunga di akun tabungan online-nya.

“Kami mendengar melalui perilaku konsumen bahwa mereka menginginkan layanan keuangan online karena mudah, nyaman, dan aman,” kata Talwar, dikutip dari Bloomberg, Rabu (22/7/2020).

“Jika mereka bisa melakukannya untuk bahan makanan, mengapa tidak untuk perbankan? Bank-bank besar dengan cabang fisik hanya bermanfaat bagi tuan tanah ketimbang konsumen,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan goldman sachs

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top