Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Goldman Sachs: Pandemi Covid-19 Dorong Perbankan Digital

Riset Goldman Sachs menunjukkan bahwa lebih dari seperempat pelanggan tidak berencana kembali mendatangi kantor cabang bank-bank kendati aman untuk dilakukan di kemudian hari.
Goldman Sachs./Bloomberg
Goldman Sachs./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 dinilai telah mempercepat pergerakan konsumen menuju layanan keuangan online dan menunjukkan bahwa bank-bank dapat beroperasi dengan lebih sedikit operasional fisik.

Menurut Kepala divisi konsumen di Goldman Sachs Group Harit Talwar, riset perusahaan menunjukkan bahwa lebih dari seperempat pelanggan tidak berencana kembali mendatangi kantor cabang bank-bank kendati aman untuk dilakukan di kemudian hari.

Marcus, platform online yang dijalankan oleh Talwar, menyediakan akun tabungan dan pinjaman pribadi, serta kartu kredit dalam kemitraan dengan Apple Inc. Selain itu, ada rencana melancarkan akun pengecekan untuk tahun 2021.

Dorongan konsumen yang dilakukan oleh Goldman adalah bagian dari upaya untuk menggerus ketergantungan pada perdagangan dan perbankan investasi.

Suku bunga rendah telah menekan keuntungan perusahaan di akun-akun berimbal hasil tinggi, serta mendorong Marcus untuk memangkas suku bunga di akun tabungan online-nya.

“Kami mendengar melalui perilaku konsumen bahwa mereka menginginkan layanan keuangan online karena mudah, nyaman, dan aman,” kata Talwar, dikutip dari Bloomberg, Rabu (22/7/2020).

“Jika mereka bisa melakukannya untuk bahan makanan, mengapa tidak untuk perbankan? Bank-bank besar dengan cabang fisik hanya bermanfaat bagi tuan tanah ketimbang konsumen,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper