Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kisahkan Kemajuan Ethiopia, Dubes Al Busyra Basnur Rilis Buku

Buku berjudul ‘Catatan Duta Besar Republik Indonesia, Ethiopia’ itu menceritakan tentang sejarah negara dan pengalamannya selama di negara itu.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  23:54 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur merilis buku tentang Ethiopia di Addis Ababa, Senin (20/7/2020) - Istimewa
Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur merilis buku tentang Ethiopia di Addis Ababa, Senin (20/7/2020) - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur merilis buku tentang Ethiopia di Addis Ababa, Senin (20/7/2020).

Buku berjudul ‘Catatan Duta Besar Republik Indonesia, Ethiopia’ itu menceritakan tentang sejarah negara itu dan pengalaman yang telah dialami selama menjadi Dubes di negara tersebut.

“Saya menulis buku ini untuk berbagi pengalaman dan mendorong berbagai pihak baik di Indonesia maupun di Ethiopia untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama kedua negara, karena potensi kerjasama, terutama dibidang ekonomi dan pendidikan sangat besar,” katanya melalui keterangan resmi, Senin (20/7/2020).

Ethiopia sempat dilanda bencana pada 1984-1986. Peristiwa ini mengakibatkan sekitar 1,2 juta penduduk meninggal dunia. Namun kini mulai mengalami kemajuan pesat di berbagai bidang.

Pertumbuhan ekonomi tahun 2008-2017 Ethiopia rata-rata di atas 10 persen. Negara di Benua Afrika itu juga menjadi tujuan menarik investasi perusahaan dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Kini terdapat lima perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Ethiopia, nomor dua terbanyak di Afrika setelah Nigeria. Adapun total sekitar 30 perusahaan asal Tanah Air berinfestasi di benua itu.

Selain itu, potensi kerja sama Indonesia-Ethiopia diyakini sangat besar. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui potensi tersebut, termasuk kondisi real dan kemajuan terkini Ethiopia.

Dalam beberapa tahun terakhir kata dia, hampir semua orang Indonesia maupun pejabat pemerintah dan nonpemerintah kaget melihat kemajuan dan pesatnya pembangunan di negara itu.

Sementara itu editor buku tersebut, Ravky Adi Permato mengatakan bahwa buku Ethiopia berisi banyak data dan angka serta memaparkan berbagai perkembangan terkini Ethiopia.

“Bagus dibaca oleh berbagai kalangan profesional dan generasi muda terutama yang ingin mengetahui Ethiopia dan Afrika pada umumnya serta dapat dijadikan bahan referensi,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kbri dubes ethiopia
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top