Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Tes Covid-19 Masih Positif, Presiden Brasil Mengaku Sehat

Sejak terinfeksi virus, presiden mengaku masih dalam kondisi sehat. Dia bahkan menegaskan akan kembali bertugas jika hasil tes Covid-19 negatif.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  09:40 WIB
Presiden Brazil Jair Bolsonaro mengunakan masker saat Upacara Bendera di Istana Alvorada di Brasilia  -  Bloomberg / Andre Borges
Presiden Brazil Jair Bolsonaro mengunakan masker saat Upacara Bendera di Istana Alvorada di Brasilia - Bloomberg / Andre Borges

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Brasil Jair Bolsonaro dilaporkan belum sembuh atau masih positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 hingga kemarin, Rabu (15/7/2020) waktu setempat. Kendati begitu, Bolsonaro mengaku bahwa kondisinya masih sehat.

Hal itu diungkapkan Bolsonaro kepada awak media di Brasil. Seperti diketahui, Presiden Brasil ini pertama kali didiagnosis positif terpapar wabah tersebut pekan lalu itu.

Mantan kapten militer ini pertama kali mengumumkan hasil diagnosisnya pada 7 Juli. Saat itu, Bolsonaro mengaku hanya flu ringan.

Sejak terinfeksi virus, presiden mengaku masih dalam kondisi sehat. Dia bahkan menegaskan akan kembali bertugas jika hasil tes Covid-19 pekan ini negatif.

Bolsonaro juga menyatakan akan kembali melakukan tes dalam beberapa hari lagi.

Saat ini, Brasil menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat. Presiden Bolsonaro meremehkan jumlah kematian yang terus bertambah, yang kini mencapai 74.000 lebih dengan hampir dua juta kasus terkonfirmasi Covid-19.

Menurut Bolsonaro, kondisi fisik yang baik akan mencegahnya mengalami gejala serius jika jatuh sakit. Bolsonaro juga mengesampingkan saran para ahli medis dalam penanganan pandemi Brasil serta mendesak penguncian kota dan negara bagian diakhiri.

Selain itu, dia kerap beredar di hadapan umum tanpa masker. Tindakannya tersebut menuai kritik dari para spesialis kesehatan.

Bolsonaro juga mengaku sedang mengonsumsi obat antimalaria hydroxychloroquine, yang belum terbukti ampuh melawan Covid-19 sekaligus yang dia dan Presiden AS Donald Trump gembar-gemborkan sebagai pengobatan untuk virus corona.

Tekanan Bolsonaro bagi penggunaan obat hydroxychloroquine berujung pada pengunduran diri dua menteri kesehatan Brasil di tengah pandemi. Kementerian Kesehatan Brasil kini dipimpin sementara oleh jenderal militer yang masih aktif.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brasil Jair Bolsonaro covid-19

Sumber : Antara/Reuters

Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top