Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

WNI yang Meninggal Akibat Covid-19 di Arab Saudi Terus Bertambah

Jumlah kematian WNI akibat Covid-19, dan juga kasus positif, di Arab Saudi menjadi yang terbesar dibandingkan negara lainnya.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  13:07 WIB
Petugas memakai masker wajah pelindung saat mereka membersihkan lantai di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Arab Saudi, 3 Maret 2020. REUTERS n
Petugas memakai masker wajah pelindung saat mereka membersihkan lantai di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Arab Saudi, 3 Maret 2020. REUTERS n

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus kematian akibat virus corona (Covid-19) dari warga negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi masih terus bertambah. 

Berdasarkan informasi Kementerian Luar Negeri pada Kamis (16/7/2020) pukul 08.00 WIB, satu orang WNI yang bermukim di Arab Saudi dikabarkan meninggal dunia.

Pada saat yang sama, Kemenlu melaporkan ada 8 kasus baru Covid-19 dari WNI di luar negeri yang tersebar di Arab Saudi (1 WNI), Kazakhstan (1 WNI), Kuwait (2 WNI), Mesir (4  WNI).

Dengan demikian, total WNI yang berpulang akibat wabah itu di Arab Saudi mencapai 51 orang. Jumlah kematian WNI akibat Covid-19, dan juga kasus positif, di Arab Saudi itu menjadi yang terbesar dibandingkan negara lainnya.

Kemenlu mencatat hingga pagi ini, ada 185 WNI yang terpapar Covid-19 di Arab Saudi. Bila dirincikan, maka 52 WNI sembuh, 82 stabil, dan 51 pasien meninggal di negara tersebut.

Berdasarkan catatan Bisnis, jumlah kasus baru dan kematian akibat Covid-19 dari WNI di Arab Saudi mengungguli jumlah di Malaysia dan Qatar serta 43 negara lainnya yang juga melaporkan kasus positif dari WNI.

Malaysia menyusul dengan 167 kasus positif yang terdiri dari 47 WNI sembuh, 118 stabil, dan 2 meninggal. Namun, jumlah kasus ini tidak mengalami perubahan sama sekali sejak awal Juli 2020.

Sementara itu, kasus positif Covid-19 dari WNI yang bermukim di Qatar mencapai 106 orang yakni 75 WNI sembuh, 30 stabil, dan 1 pasien meninggal. Adapun, kasus Covid-19 dari WNI yang bermukim di Amerika Serikat mencapai 82 orang yakni 59 WNI sembuh, 7 stabil, dan 16 pasien meninggal.

Berdasarkan data Kemenlu, total kasus positif WNI di Arab Saudi pertama kali melampaui jumlah kasus di Malaysia pada 8 Juli 2020. Saat itu, pemerintah melaporkan penambahan 11 kasus baru dari WNI di luar negeri.

Dari jumlah itu, ada 9 WNI yang terpapar Covid-19 di Arab Saudi (9 WNI). Selebihnya, masing-masing satu WNI di Qatar dan Korea Selatan. Pada hari yang sama, tercatat tujuh WNI meninggal dunia di Arab Saudi akibat wabah tersebut. Selain itu, dua WNI di negara tersebut dinyatakan sembuh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top