Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dokter Reisa Jelaskan Cara Mencegah Penularan Covid-19 Lewat Udara

Untuk mencegah penularan Covid-19 melalui udara, Gugus Tugas mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 14 Juli 2020  |  16:43 WIB
Sejak 8 Juni 2020dr Reisa Broto Asmoro tampil mendampingi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dokter Achmad Yurianto. - Youtube
Sejak 8 Juni 2020dr Reisa Broto Asmoro tampil mendampingi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dokter Achmad Yurianto. - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa penularan virus Corona (Covid-19) bisa melalui mikrodroplet atau aerosol yang melayang di udara.

Adapun, ukuran aerosol adalah di bawah 5 mikrometer atau lebih kecil jika dibandingkan dengan droplet sehingga bisa melayang di udara dalam waktu yang cukup lama.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro menyampaikan lima tips agar terhindar dari penularan virus melalui media udara.

"Pertama ventilasi di ruangan harus diperhatikan. Pastikan ruang kerja atau ruang tempat kita beraktivitas memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari," kata Reisa dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Kedua, sambungnya, pastikan menjaga jarak di dalam ruangan dan hindari ruangan yang terlalu banyak orang.

Ketiga, selalu menggunakan masker selama di luar rumah atau di tempat umum, temasuk di kantor atau ruang kerja.

Reisa juga mengimbau agar masyarakat mengenakan dan melepas masker dengan cara yang tepat yakni hanya memegang bagian tali. Selain itu, dia mengimbau masyarakat untuk rutin mengganti masker yakni minimal 4 jam sekali atau jika masker sudah lembab.

Keempat, menghindari memegang permukaan benda yang kotor dan digunakan bersama dengan orang lain.

"Segera mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer bila terlanjur memegang permukaan benda tersebut," ujar Reisa.

Kelima, bersihkan secara teratut permukaan benda di sekitar ruangan dengan cairan disinfektan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

who Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top