Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Bulan Penanganan Covid-19 di Indonesia, Sudahkah Dilakukan Secara Saintifik?

Wabah virus corona yang mulanya menyebar di Wuhan, China, akhirnya sampai juga ke Indonesia beserta sejumlah dampak yang harus dihadapi.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 02 Juli 2020  |  10:59 WIB
Sampel swab yang akan diuji untuk virus corona di sebuah rumah sakit di Wuhan, China, Sabtu (14/3/2020). - Bloomberg
Sampel swab yang akan diuji untuk virus corona di sebuah rumah sakit di Wuhan, China, Sabtu (14/3/2020). - Bloomberg

Bisnis.com, JENEWA - Wabah virus corona yang mulanya menyebar di Wuhan, China, akhirnya menjadi wabah dunia. Indonesia termasuk negara yang mengalami dampak wabah tersebut.

Pada Rabu (22/1/2020) sebuah panel pakar Badan Kesehatan Dunia sempat menggelar pertemuan. Agenda pertemuan adalah mengevaluasi kemungkinan wabah virus Corona baru, yang telah menyebar dari China ke sejumlah negara, dianggap sebagai keadaan darurat internasional.

Sedikitnya 16 pakar independen dalam bidang pengendalian penyakit, virologi, epidemiologi dan pengembangan vaksin melakukan pertemuan tertutup di markas besar badan PBB itu di Jenewa.

Didier Houssin, penasihat pada badan keamanan kesehatan nasional Prancis, ditunjuk sebagai ketua panel.

Penyebaran virus yang diperkirakan berasal dari sebuah pasar basah di Kota Wuhan, di wilayah Provinsi Hubei, China itu akhirnya menjadi drama mencekam yang berkepanjangan.

Sejumlah negara yang warganya berada di China, terutama Wuhan, segera menyiapkan evakuasi. Begitu pula yang dilakukan Indonesia.

Sementara, di sisi lain, penularan mulai terjadi – bukan dari para repatriasi asal Wuhan – tapi dari warga negara asing yang membawa kasus impor.

1 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

covid-19 gugus tugas
Editor : Saeno

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top