Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Dokter Reisa: Jangan Sendiri Lawan Pandemi Covid-19

Protokol kesehatan mudah dilaksanakan apabila kita tidak sendirian, karena itu dokter Reisa mengingatkan kembali agar seluruh masyarakat menjalankannya.
Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro/Istimewa
Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan bahwa peran aktif masyarakat sangat diperlukan saat ini. Menurut Reisa melawan pandemi Covid-19 harus dilakukan secara bersama-sama, bukan hanya oleh sebagian pihak saja.

“Seperti diutarakan Presiden Joko Widodo bahwa peran aktif masyarakat sangat diperlukan saat ini, selain kerja sama yang baik antarmanajemen wilayah,” kata Reisa saat konferensi pers virtual, Jumat (26/6/2020).

Oleh karena itu Gugus Tugas Covid-19 kembali mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menaati protokol kesehatan, yakni cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker di tempat umum, juga menghindari kerumunan yang tidak perlu.

Saat ini secara sains telah terbukti bahwa protokol kesehatan dapat memutus penularan. Namun tanpa pelaksanaan yang baik, tidak akan ada gunanya.

“Kita harus sama-sama menerapkan protokol kesehatan. Protokol ini mudah apabila kita tidak sendirian,” kata Reisa.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan bahwa ancaman Covid-19 belum berakhir. Saat ini beberapa daerah masih mencatat penambahan kasus cukup tinggi.

Oleh karena itu Presiden kembali mengajak masyarakat untuk ikut berperan mencegah penyebaran virus.

“Meskipun sudah berkali-kali disampaikan, saya mengajak masyarakat untuk disiplin mematuhi dan mengikuti anjuran yang sering kita sampaikan, gunakan masker, sering cuci tangan, jaga jarak yang aman, dan hindari kerumunan,” kata Presiden dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/6/2020).

Presiden juga meminta masyarakat saling mengingatkan satu sama lain untuk menaati protokol kesehatan. Hal ini harus terus dilakukan hingga menjadi sebuah kebiasaan baru.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat per Jumat (26/6/2020) penambahan kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai 1.240 orang, sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 51.427 kasus.

Sementara itu, jumlah pasien yang sembuh bertambah 884 orang, sehinga totalnya menjadi 21.333 orang. Di sisi lain, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal bertambah 63 orang, menjadi 2.683 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper