Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eks Gubernur BI Agus Marto Tampik Pemeriksaan KPK soal Skandal Percetakan Uang

Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sempat mencuat skandal korupsi percetakan uang pada 1999. Namun, Agus Martowardojo menampik bahwa dirinya ditanyai oleh tim penyidik KPK soal proyek pencetakan uang di Australia.
Agus Martowardojo./ANTARA-Muhammad Adimaja
Agus Martowardojo./ANTARA-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menampik bahwa dirinya ditanyai oleh tim penyidik KPK soal proyek pencetakan uang di Australia pada pemeriksaan hari ini, Kamis (25/6/2020).

Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sempat mencuat skandal korupsi percetakan uang pada 1999. "Itu nggak ada hubungan dengan itu," kata Agus, Kamis (25/6/2020).

Dia pun enggan berkomentar terkait dengan kasus tersebut. "Oke, saya tidak komentar soal itu, udah ya," ujarnya singkat.

Kedatangan mantan Menteri Keuangan itu ke Gedung KPK untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus rasuah kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Penyidik menelisik soal penganggaran e-KTP dari Agus.

Adapun, dugaan korupsi pencetakan uang ini sempat muncul pada medio 2014 silam, tepatnya pada akhir masa pemerintahan SBY. Berdasarkan pemberitaan Bisnis saat itu, SBY angkat bicara soal informasi WikiLeaks yang menyebut-nyebut dirinya beserta Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dalam skandal korupsi pencetakan uang kertas di Australia pada 1999.

Dalam konferensi pers di kediaman pribadinya di Puri Cikeas, Bogor, Kamis (31/7/2014), SBY membantah keterangan yang disebarkan oleh situs wisthblower tersebut. SBY mengutip keterangan Wikileaks pada 29 Juli 2014 yang menyebutkan kasus dugaan korupsi pencetakan uang senilai multi juta dolar dan melibatkan beberapa tokoh penting di Asia seperti Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.

Dia mengaku telah menggali fakta dan informasi lengkap terkait dengan isu yang beredar setelah mengetahui pemberitaan tersebut. Dia juga sudah mendengarkan keterangan dari beberapa pihak, antara lain Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Menteri Keuangan Chatib Basri, dan Kapolri Jenderal Sutarman melalui sambungan telepon.

Dia membenarkan Indonesia pernah mencetak uang di Australia pada 1999. Ketika itu, ujarnya, jumlah uang yang dicetak mencapai 550 juta lembar dengan pecahan Rp100.000.

“Esensinya, memang benar Indonesia pernah mencetak uang di Australia, tahun 1999. Yang mencetak MPA di bawah naungan bank sentral Australia,” katanya sambil menegaskan bahwa kebijakan pengawasan dan pencetakan uang berada di bawah otoritas bank sentral setiap negara, bukan pada presiden maupun pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper