Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Pertimbangkan Tarif 10 Persen untuk Aluminium Asal Kanada

Amerika Serikat tengah mempertimbangkan untuk mengenakan kembali tarif impor aluminium untuk Kanada. Pasalnya, lesunya permintaan dan rendahnya harga aluminium akibat pandemi telah menekan industri aluminium di AS.
Ilustrasi Tumpukan aluminium/ JIBI Photo
Ilustrasi Tumpukan aluminium/ JIBI Photo

Bisnis.com, PEKANBARU — Amerika Serikat tengah mempertimbangkan untuk mengenakan kembali tarif impor aluminium untuk Kanada. Pasalnya, lesunya permintaan dan rendahnya harga aluminium akibat pandemi telah menekan industri aluminium di AS.

Menurut seorang sumber yang enggan disebutkan identitasnya, tarif impor itu secepatnya akan diumumkan pada akhir pekan ini.

“Jika Kanada menolak memberikan pembatasan ekspor aluminium, AS akan mengumumkan pemberlakuan kembali tarif impor sebesar 10 persen untuk aluminium dari Kanada pada Jumat (26/6/2020),” kata sumber tersebut seperti dikutip Bloomberg, Selasa (23/6/2020).

Sumber itu melanjutkan tarif yang dikenakan AS akan berlaku mulai 1 Juli 2020. Sebelumnya, Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer menunjukkan kekhawatirannya terkait dengan kesulitan para produsen aluminium di AS. 

Adapun, penjualan aluminium di Negeri Paman Sam telah turun dan harga tertekan akibat permintaan berkurang pada masa pandemi Covid-19. Dengan demikian, AS berniat mengurangi pasokan aluminium dari negara tetangganya seperti Kanada.

“Saya ingin mengatakan ada lonjakan [pasokan] baja dan aluminium, terutama datang dari Kanada dan beberapa dari Meksiko. Ini sesuatu yang seharusnya jadi perhatian kita, kita harus berbicara dengan Meksiko dan Kanada,” kata Lighthizer.

Asosiasi Aluminium Utama Amerika yang mewakili Century Aluminium Co. dan Magnitude 7 Metals LLC. sebelumnya meminta Lighthizer untuk menerapkan kembali tarif 10 persen untuk impor aluminium dari Kanada. Komoditas logam dari Kanada itu disebut mengganggu rantai pernjualan di AS karena harga kian tertekan.

Selanjutnya, Asosiasi Aluminium di AS yang mewakili Alcoa Corp., Rio Tinto Group, dan beberapa produsen aluminium lainnya mengkritik bahwa tarif impor untuk aluminium Kanada belum pernah diubah sejak 2017.

Apabila diimplementasikan, tarif tersebut dapat mengancam kesepakatan dagang antara AS, Meksiko dan Kanada yang akan berlaku mulai awal bulan depan

Saat dimintai konfirmasi, juru bicara Perwakilan Perdagangan AS tidak menjawab. Berdasarkan kesepakatan yang tercapai antara AS dan Kanada pada Mei 2019, Kanada harus mengurangi ekspor logamnya ke AS sebagai syarat untuk tidak dikenakan tarif baja dan aluminium. 

Seperti diketahui, tarif baja dan aluminium dari AS berlaku untuk semua negara mitranya pada 2018. Tarif ini pula yang menjadi alasan pecah perang dagang dengan China.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper