Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Parlemen Denmark Capai Kesepakatan Target Emisi Karbon 2030

Denmark berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sebesar 3,4 juta ton dalam satu dekade berikutnya.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  14:16 WIB
Central Square di pusat Kota Kopenhagen, Denmark, pada 15 April 2020 tampak sepi karena penerapan karantina wilayah./Bloomberg - Carsten Snejbjerg
Central Square di pusat Kota Kopenhagen, Denmark, pada 15 April 2020 tampak sepi karena penerapan karantina wilayah./Bloomberg - Carsten Snejbjerg

Bisnis.com, JAKARTA – Anggota parlemen Denmark telah mencapai kesepakatan iklim yang dirancang untuk memastikan pemenuhan target pengurangan emisi karbon hingga 70 persen pada tahun 2030.

Kesepakatan yang telah mendapat dukungan luas di seluruh lini partai di parlemen ini menjadikan Denmark berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sebesar 3,4 juta ton dalam satu dekade berikutnya.

Anggota parlemen juga sepakat untuk membangun pulau energi pertama di dunia. Sementara itu, Kementerian Iklim Denmark dalam pernyataan di situs resmi mengatakan bahwa investasi akan dialokasikan untuk upaya penangkapan karbon dan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

"Perjanjian ini menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa upaya melawan perubahan iklim dan rekonstruksi ekonomi berjalan beriringan," kata kementerian, seperti dikutip Bloomberg.

Konfederasi Industri Denmark, yang mewakili 11.700 perusahaan, mengatakan senang dengan kesepakatan itu.

"Ini adalah perjanjian yang baik dan penting, yang juga dibangun di atas pekerjaan utama dan banyak rekomendasi nyata dari kemitraan iklim dalam komunitas bisnis. Perjanjian ini juga sepenuhnya sejalan dengan rencana pertumbuhan hijau tahun 2030," ungkap CEO Lars, Sandahl Sorensen, dalam sebuah pernyataan.

Rincian lain dari perjanjian itu termasuk penurunan harga bahan bakar terbarukan serta menaikkan harga bahan bakar fosil. Oven minyak dan gas pribadi akan dihapus dan diganti dengan alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Sementara itu, stasiun pengisian ulang akan tersedia lebih banyak untuk kendaraan istrik, dan serangkaian langkah akan memastikan bahwa industri beralih ke solusi yang lebih hemat energi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

denmark perubahan iklim emisi karbon

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top