Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bantu Tenaga Medis Tangani Covid-19, Protelindo dan ITS Kirim Robot Raisa ke RS

PT Profesional Telekomunikasi Indonesia dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mendonasikan tiga unit Robot Medical Assistant ITS Airlangga (Raisa) ke RS Dr Soetomo Surabaya dan RS Saiful Anwar Malang untuk melayani pasien Covid-19.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 21 Juni 2020  |  16:57 WIB
Tenaga medis penanganan Covid/19 di kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan. istimewa
Tenaga medis penanganan Covid/19 di kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Profesional Telekomunikasi Indonesia dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mendonasikan tiga unit Robot Medical Assistant ITS Airlangga (Raisa) ke RS Dr Soetomo Surabaya dan RS Saiful Anwar Malang untuk melayani pasien Covid-19.

Direktur PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) Indra Gunawan mengatakan Robot Pelayan Pasien Covid-19 tersebut bisa melakukan komunikasi dua arah sehingga dapat menanyakan keluhan pasien dan juga bisa mengambil suhu temperatur. Robot tersebut, jelasnya, dioperasikan oleh operator dan dilengkapi dengan sensor, sehingga bisa berjalan sesuai dengan arah yang ditentukan.

"Kami sangat bersyukur bisa berkolaborasi dengan teman-temen dari ITS untuk memberikan bantuan berupa Robot untuk membantu petugas medis di Rumah Sakit. Semoga Robot Raisa dan bantuan APD yang kami berikan dapat memberi dukungan secara maksimal kepada para petugas medis yang sedang bertugas," tuturnya dalam keterangan resmi, Minggu (21/6/2020).

Penyerahan Robot Raisa ini dilakukan pada acara web seminar bertema 'Peran Perguruan Tinggi dalam Menanggulangi Covid-19', Kamis (11/6) yang disaksikan oleh Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) Terawan Agus Putranto, Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Lilik Kurniawan, serta Rektor Universitas ITS Mochamad Ashari.

Secara terpisah, Rektor Universitas ITS Mochamad Ashari menjelaskan bahwa robot tersebut dapat membantu tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas rutin tanpa menurunkan kualitas terhadap pasien Covid-19.

Menurutnya, robot itu sangat diperlukan rumah sakit rujukan Covid-19 dan hasil bantuan donasi Robot Raisa dari PT Protelindo dan ITS kepada RS Dr. Soetomo, Surabaya, dan RS Dr. Saiful Anwar Malang bisa membantu mengurangi frekuensi dan durasi interaksi antara tenaga kesehatan dengan pasien Covid-19.
 
"Dengan demikian pada akhirnya bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 terhadap tenaga medis. Untuk bantuan donasi ini, kami ucapkan terima kasih. Ke depan kami harapkan Protelindo bisa memberikan donasi lagi karena masih banyak rumah sakit yang memerlukan robot Raisa," kata Mochamad.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

its tenaga medis covid-19
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top