Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lonjakan Kasus Covid-19 di Daerah Terkuak berkat Contact Tracing dan Pemeriksaan Masif

Pemerintah menegaskan jumlah kasus positif baru Covid-19 yang tumbuh signifikan di beberapa daerah karena kontak tracing yang agresif dan pemeriksaan yang masif, jawaban bahwa hal itu harus dilakukan.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 20 Juni 2020  |  17:04 WIB
Loading the player ...
Update kasus Covid/19 Sabtu 20 Juni 2020 oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid/19 Achmad Yurianto. Video: BNPB Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menegaskan jumlah kasus positif baru Covid-19 yang tumbuh signifikan di beberapa daerah karena kontak tracing yang agresif dan pemeriksaan yang masif, jawaban bahwa hal itu harus dilakukan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan hasil kontak tracing kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan melalui PCR/TCM, dan didapatkan hasil positif di beberapa tempat yang signifikan bertambah.

"Ini adalah upaya kita untuk menjawab bahwa pemeriksaan harus dilaksanakan secara masif berbasis dari data kontak tracing yang dilaksanakan secara agresif," katanya, Sabtu (20/6/2020).

Dia menuturkan pemeriksaan ini penting karena ditujukan untuk bisa menemukan kasus positif di tengah masyarakat, dan melakukan isolasi atau melaksanakan perawatan jika dibutuhkan atau terindikasi dibutuhkan perawatan.

Kasus positif virus Corona baru atau Covid-19 di dalam negeri dari Jumat pukul 12.00 WIB hingga Sabtu pukul 12.00 WIB mencapai 1.226 orang atau tumbuh 17,77 persen dibandingkan satu hari sebelumnya, yakni 1.041 kasus baru.

Daerah-daerah seperti Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan merupakan contoh daerah yang masih menunjukkan kasus tinggi.

Jawa Timur mencapai 394 positif baru, DKI Jakarta 180 orang positif baru, Sulawesi Selatan 112 positif baru, Jawa Tengah 9 kasus, dan Kalimantan Selatan 83 kasus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19 rapid test
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top