Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenag Siapkan 2 Agenda Pendidikan pada RPJMN 2020-2024

Pendidikan menjadi bagian dari agenda yang disiapkan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kemenag pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 10 Juni 2020  |  22:11 WIB
Ilustrasi-Siswa madrasah - Antara/Ujang Zaelani
Ilustrasi-Siswa madrasah - Antara/Ujang Zaelani

Bisnis.com, JAKARTA –Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kemenag telah menyiapkan 7 agenda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Dua di antaranya berkonsentrasi pada bidang pendidikan. .

Ketujuh agenda itu akan menjadi acuan siapa pun yang bertanggung jawab dalam menentukan arah kebijakan nasional.

“Dengan mengacu kepada RPJMN maka siapa pun pejabat yang akan menjadi penjaga gawang program tidak akan keluar dari regulasi arah kebijakan nasional” ujar Direktur Direktorat GTK Kemenag Suyitno dalam video konferensi, Rabu (10/6/2020).

Disebutkan Suyitno, dari 7 agenda RPJMN, 2 di antaranya berkonsentrasi pada bidang pendidikan. Fokusnya adalah meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, serta membangun budaya dan karakter bangsa.

 “Bagaimana kita bisa mewujudkan SDM berkualitas itu? Yakni dengan layanan dasar, produktivitas, dan pembangunan karakter,” jelas Suyitno.

Suyitno mengungkapkan Rencana Strategis Pendidikan Islam (Renstra Pendis) 2020-2024 menjadi penerjemah RPJMN di masa mendatang.

“Ada 4 hal yang harus kami pastikan agar guru kami di Kementerian Agama juga mengacu kepada Renstra Pendis, yakni berkarakter, moderat, ahlaqul karimah, dan daya saing,” ujar Suyitno.

Untuk meningkatkan itu semua diadakan program peningkatan kompetensi dan program peningkatan profesionalisme yang termasuk ke dalam pendidikan profesi guru, pembinaan karir, dan PKB guru madrasah.

Sedangkan program penguatan karakter di antaranya dilakukan dengan pembuatan modul pendidikan karakter untuk acuan guru madrasah, dan program penguatan nilai-nilai antikorupsi kepada guru madrasah.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

madrasah
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top