Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag Siapkan 2 Agenda Pendidikan pada RPJMN 2020-2024

Pendidikan menjadi bagian dari agenda yang disiapkan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kemenag pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024.
Ilustrasi-Siswa madrasah/Antara-Ujang Zaelani
Ilustrasi-Siswa madrasah/Antara-Ujang Zaelani

Bisnis.com, JAKARTA –Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kemenag telah menyiapkan 7 agenda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Dua di antaranya berkonsentrasi pada bidang pendidikan. .

Ketujuh agenda itu akan menjadi acuan siapa pun yang bertanggung jawab dalam menentukan arah kebijakan nasional.

“Dengan mengacu kepada RPJMN maka siapa pun pejabat yang akan menjadi penjaga gawang program tidak akan keluar dari regulasi arah kebijakan nasional” ujar Direktur Direktorat GTK Kemenag Suyitno dalam video konferensi, Rabu (10/6/2020).

Disebutkan Suyitno, dari 7 agenda RPJMN, 2 di antaranya berkonsentrasi pada bidang pendidikan. Fokusnya adalah meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, serta membangun budaya dan karakter bangsa.

 “Bagaimana kita bisa mewujudkan SDM berkualitas itu? Yakni dengan layanan dasar, produktivitas, dan pembangunan karakter,” jelas Suyitno.

Suyitno mengungkapkan Rencana Strategis Pendidikan Islam (Renstra Pendis) 2020-2024 menjadi penerjemah RPJMN di masa mendatang.

“Ada 4 hal yang harus kami pastikan agar guru kami di Kementerian Agama juga mengacu kepada Renstra Pendis, yakni berkarakter, moderat, ahlaqul karimah, dan daya saing,” ujar Suyitno.

Untuk meningkatkan itu semua diadakan program peningkatan kompetensi dan program peningkatan profesionalisme yang termasuk ke dalam pendidikan profesi guru, pembinaan karir, dan PKB guru madrasah.

Sedangkan program penguatan karakter di antaranya dilakukan dengan pembuatan modul pendidikan karakter untuk acuan guru madrasah, dan program penguatan nilai-nilai antikorupsi kepada guru madrasah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Devi Sri Mulyani
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper