Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Setelah 11 Hari, Pasien Positif Covid-19 Tak Lagi Tulari Orang Lain

Ini merupakan hasil studi Singapore’s National Centre for Infectious Diseases and the Academy of Medicine terhadap 73 pasien positif Covid-19.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 24 Mei 2020  |  12:49 WIB
Ilustrasi - RSPAD Gatot Soebroto melakukan uji terapi plasma darah untuk pasien Covid-19. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Ilustrasi - RSPAD Gatot Soebroto melakukan uji terapi plasma darah untuk pasien Covid-19. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah hasil studi di Singapura menunjukkan bahwa setelah 11 hari, pasien positif Covid-19 tidak lagi menularkan virus kepada orang lain.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (24/5/2020), studi yang dilakukan oleh Singapore’s National Centre for Infectious Diseases and the Academy of Medicine terhadap 73 pasien menunjukkan bahwa tes positif tidak selalu menunjukkan virus dalam kondisi 'hidup'.

Walhasil, kendati pasien tersebut masih berstatus positif Covid-19 tetapi diyakini tidak berpotensi besar menularkan virus kepada orang lain.

Lebih lanjut, media Singapura The Strait Times menyampaikan bahwa dalam studi tersebut dilakukan tes yakni mendeteksi bagian-bagian genom virus.

Hasil yang ditemukan hanyalah potongan-potongan virus, atau jika virus dalam keadaan utuh, tidak dapat menginfeksi siapa pun.

Temuan terbaru ini bisa menjadi rujukan baru bagi Singapura dalam menentukan kebijakan pemulangan pasien Covid-19. Pasalnya, saat ini hanya pasien yang telah dinyatakan negatif Covid-19 melalui tes, yang diizinkan pulang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapura Virus Corona covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top