Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

39 ABK Dipulangkan dari Fiji, Jalani Karantina di RS Darurat Kemayoran

Kementerian Luar Negeri memulangkan 39 anak buah kapal warga Indonesia dari Fiji. Mereka diangkut menggunakan pesawat Hercules TNI Angkatan Udara.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 17 Mei 2020  |  11:29 WIB
Petugas mengendarai ambulans berisi pasien memasuki Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/3/2020). - Antara/Aditya Pradana Putra
Petugas mengendarai ambulans berisi pasien memasuki Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/3/2020). - Antara/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri memulangkan 39 anak buah kapal warga Indonesia dari Fiji. Mereka diangkut menggunakan pesawat Hercules TNI Angkatan Udara.

Pesawat Hercules milik TNI AU sebelumnya melakukan misi kemanusiaan di negara itu. Saat kembali ke Tanah Air, 39 WNI turut dipulangkan setelah menjalani masa karantina.

Berdasarkan cuitan Twitter @Kemlu_RI di Twitter pada Minggu (17/5/2020), 39 ABK telah tiba di Landasan Udara Halim Perdana Kesuma, Jakarta Timur pada Sabtu (16/5/2020). Seluruh ABK akan kembali mengikuti protokol mencegah penularan Covid-19.

“Seluruh ABK telah jalani karantina di Fiji, dan sesampainya di Jakarta juga penuhi protokol kesehatan di RS Darurat Covid-19 di Kemayoran,” tulis Kemlu dalam cuitannya, Minggu (17/5/2020).

Seluruh ABK WNI tersebut dinyatakan dalam keadaan sehat dan telah selesai kontrak kerja.

Pemulangan WNI dari Fiji mengalami keterlambatan akibat negara itu menutup penerbangan internasional guna mengantisipasi Corona.

Kemlu menyebut bahwa KBRI Suva telah membantu memastikan hak-hak para WNI tetap terpenuhi oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Sebelum melakukan penjemputan, TNI AU menjalankan misi kemanusiaan dengan memberikan bantuan tenda, makanan, serta minuman ke Fiji pasca-Siklon Harold menerjang negeri itu.

Bantuan seberat 13 ton tersebut diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU. Bantuan tersebut diterima oleh Menteri Luar Negeri sekaligus Kepala Badan Penanggulangan Bencana Fiji Inai Seruirat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

abk wni fiji tni au
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top