Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Siapkan Pedoman Proses Transisi Pasca Covid-19, Termasuk Cara Berinteraksi

Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) akan membuat pedoman proses transisi pasca pandemi virus corona atau covid-19.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  22:42 WIB
Pemerintah Siapkan Pedoman Proses Transisi Pasca Covid-19, Termasuk Cara Berinteraksi
Warga melintas di depan Gedung Merdeka saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/4/2020). ANTARA FOTO - M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) akan membuat pedoman proses transisi pasca pandemi virus corona atau Covid-19 sebagai tindaklanjut atas arahan Presiden Joko Widodo terkait evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB). 

"Kami sudah membuat suatu bahan untuk nanti dikasih input oleh Kementerian/Lembaga, kira-kira usulan ini yang nantinya mungkin akan dibawa ke RTM sebelum dimasukkan ke Gugus Tugas," tutur Sekretaris Kemenko PMK Y.B Satya Sananugraha, Kamis (14/5/2020).

Satya menjelaskan, pedoman transisi ini akan menjadi pedoman bagaimana masyarakat memulai aktivitas kembali pasca Covid-19, seperti bagaimana cara berinteraksi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pedoman yang dibuat akan membangun kesadaran masyarakat untuk tetap mengaplikasikan jaga jarak fisik sehari-hari, penyediaan tempat cuci tangan di setiap sudut yang diperlukan, dan tetap mengenakan masker.

Pemberlakuan transisi, terang Satya, akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama dapat dilakukan apabila kumulatif kasus baru dalam 7 hari berkurang paling tidak 50 persen dibanding minggu sebelumnya, atau tidak ada penambahan kasus baru.

"Apa yang akan kita buat ini dipikirkan bagaimana mengesahkannya surat edaran. Atau dalam bentuk buku saku. Jadi kalau kita mau transisi harus ada aspek legalnya," katanya.

Satya menerangkan, pihaknya akan mendiskusikan prosedur transisi terkait pengesahannya, dan siapa saja yang berhak menentukan tahap-tahap transisi. Tahap selanjutnya,hasilnya akan disampaikan kepada Menko PMK dan akan lebih didetilkkan terkait aspek-aspek transisi yang diperlukan.

"Selain itu untuk menerapkan transisi harus disesuaikan dengan karakteristik daerah dan untuk daerah yang menerapkan PSBB, dan secara generalnya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenko pmk covid-19 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top