Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma’ruf Amin: Perbanyak Amal Saleh, Kejar Lailatul Qadar

Hal tersebut disampaikan Wapres ketika memberikan tausiah Ramadhan tentang keutamaan Lailatul Qadar, Selasa (12/05/2020).
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memberikan kuliah umum di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (19/2/2020)/Istimewa
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memberikan kuliah umum di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (19/2/2020)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menasihati seluruh umat muslim agar memperbanyak amal baik guna mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadar yang jatuh di antara 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Hal tersebut disampaikan Wapres ketika memberikan tausiah Ramadan tentang keutamaan Lailatul Qadar dalam rekaman video yang ditayangkan Metro TV menjelang buka puasa, Selasa (12/05/2020).

Tanazzalul malaaikatu warruuhu fiihaa biidzni rabbihim min kulli amr [pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan]. Malaikat turun ke bumi, ingin melihat sesuatu yang tidak ada di langit,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wapres mengatakan bahwa salah satu yang ingin dilihat malaikat pada malam itu adalah tangisan orang-orang yang bertaubat, menyesali segala perbuatan dosanya baik dosa besar maupun dosa kecil.

“Sebab, Allah Subhanahu Wa Ta’ala lebih mencintai tangisan orang yang berdosa daripada orang yang berteriak melantunkan tasbih [tetapi sombong],” ungkapnya.

Rintihan tangis orang-orang yang berdosa inilah yang tidak ditemukan para malaikat di langit, sehingga mereka berduyun-duyun turun ke bumi untuk mendengarkan suara yang paling dicintai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala tersebut.

Di samping itu, Wapres menerangkan bahwa hal lain yang ingin dilihat malaikat yakni pemandangan orang kaya yang membagikan sebagian hartanya kepada orang miskin yang membutuhkan.

“Dan juga [malaikat] turun ke bumi ingin melihat sesuatu yang tidak ada di langit, bagaimana orang-orang kaya membagi-bagikan hartanya untuk memberi makan orang miskin,” ungkap Wapres.

Apalagi, lanjutnya, di dalam keadaan sulit seperti yang terjadi saat ini karena adanya wabah Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) yang sangat berdampak pada masyarakat miskin.

Pemandangan ini tidak ditemukan para malaikat di langit, sehingga mereka turun ke bumi untuk melihat dan mendoakan orang-orang dermawan ini.

Wapres juga menjelaskan beberapa keutamaan lain Lailatul Qadar, pertama, pahala kebaikan pada malam itu sama dengan pahala beribadah selama seribu bulan.

Kedua, ampunan dan keberkahan yang besar. Ketiga, Allah mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan manusia.

“Oleh karena itu, marilah kita menjadikan Lailatul Qadar ini, malam yang kita hidupkan sesuai dengan anjuran Rasulullah untuk berdzikir, membaca Al-Qur’an dan juga memohon kepada Allah agar bangsa ini diselamatkan dari Covid-19,” pungkas Wapres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper