Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Insiden Latihan Perang Angkatan Laut Iran, 15 Orang Terluka

Insiden tabrakan kapal perang Iran dengan kapal berpeluru kendali pada satu sesi latihan angkatan laut itu menewaskan 19 pelaut.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 11 Mei 2020  |  21:04 WIB
Noor, satelit militer pertama Iran, diluncurkan ke orbit oleh Garda Revolusi Iran di sebuah lokasi yang dirahasiakan di Iran pada Rabu (22/4/2020). Iran berhasil meluncurkan satelit militer pertamanya di tengah ketegangan dengan Amerika Serikat./Antara - Reuters
Noor, satelit militer pertama Iran, diluncurkan ke orbit oleh Garda Revolusi Iran di sebuah lokasi yang dirahasiakan di Iran pada Rabu (22/4/2020). Iran berhasil meluncurkan satelit militer pertamanya di tengah ketegangan dengan Amerika Serikat./Antara - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah kapal perang Iran ditabrak oleh kapal berpeluru kendali pada satu sesi latihan angkatan laut sehingga menewaskan 19 pelaut, menurut media pemerintah di tengah ketegangan pasukan negara itu dengan pasukan AS di perairan Teluk.

Sementara itu, sebanyak 15 orang yang terluka dirawat di rumah sakit di Sistan dan Baluchistan.

Insiden yang melibatkan kapal Konarak itu terjadi pada Minggu sore di dekat Bandar-e Jask, di lepas pantai selatan republik Islam itu,menurut laporan televisi pemerintah di situs webnya seperti dikutip ArabNews.com, Senin (11/5/2020).

"Kapal itu tertabrak setelah memindahkan tempat latihan, namun karena ruang geraknaya sempit terjadi tabrakan sesama kapal latihan," menurut saluran televisi itu.

Angkatan bersenjata Iran menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa 19 awak tewas dan 15 lainnya cedera. Konarak telah terlibat dalam "kecelakaan" selama latihan, menurut pernyataan itu tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Kapal telah ditarik ke darat untuk, "penyelidikan teknis," tambahnya. Pihaknya menyerukan untuk "menghindari spekulasi" sampai informasi lebih lanjut dirilis.

Kantor berita Tasnim menyatakan dalam tweet berbahasa Inggris bahwa Konarak terkena rudal yang ditembakkan oleh kapal perang Iran lainnya.

Kapal itu ditembak oleh kapal jenis fregat kelas Jamaran 'secara tidak sengaja dengan rudal saat latihan menembak langsung di wilayah Jask di perairan Teluk Persia'.

Sebanyak 15 orang yang terluka dirawat di rumah sakit di Sistan dan Baluchistan, kata Mohammad-Mehran Aminifard, kepala universitas medis provinsi tersebut.

Dua dari pelaut berada dalam perawatan intensif, katanya kepada kantor berita semi-resmi ISNA. Konarak adalah kapal pendukung logistik buatan Belanda dan dibeli oleh Iran sebelum revolusi Islam 1979.

Dengan berat 447 ton dan panjang 47 meter (154 kaki), kapal kelas Hendijan itu dilengkapi dengan empat rudal jelajah, menurut televisi pemerintah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iran amerika serikat
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top