Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Penyebaran Covid-19, Milenial Ramai Bikin Platform Digital

Kaum milenial mulai membentuk sejumlah platform digital yang menjadi sarana edukasi di tengan pandemi virus corona atau Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 06 Mei 2020  |  12:31 WIB
Ilustrasi / Petugas dari TNI memberikan masker dan mengedukasi pengendara motor terkait pencegahan wabah corona di Kota Palembang. istimewa
Ilustrasi / Petugas dari TNI memberikan masker dan mengedukasi pengendara motor terkait pencegahan wabah corona di Kota Palembang. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat sebagian kalangan milenial berpartisipasi aktif mengedukasi masyarakat untuk mencegah penularan virus melalui berbagai platform digital.

Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Budi Santoso mengatakan masyarakat milenial mulai membentuk sejumlah platform sebagai sarana edukasi di tengan pandemi.

Bahkan, kata dia, kaum milenial di Gugus Tugas Covid-19 turut menciptakan platform Bersatu Lawan Covid (BLC). Platform ini tersedia secara gratis baik melalui Play Store maupun App Store.

“Itu adalah aplikasi yang sangat berguna. Ayo kita coba download aplikasi yang lebih bermanfaat seperti Bersatu Lawan Covid,” katanya saat obrolan milenial virtual di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Dia menyebut apabila masyarakat mengalami gejala seperti tidak enak badan, dapat memeriksa status kesehatan diri melalui aplikasi tersebut. BLC juga dapat melihat status perkembangan Covid-19 di dalam negeri termasuk tingkat kerawanan tiap daerah terkait pandemi.

“Aplikasinya free bisa di-download untuk memeriksa kesehatan kita,” tuturnya.

Sementara itu, Aliansi Pemuda Surabaya Seno Bagaskoro dan teman - temannya membuat platform Instagram bernama Indonesia Lawan Corona. Platform media sosial ini kata dia menjadi sarana penebar informasi terkait pandemi.

“Kalau melalui indonesia lawan corona kami rutin memberikan informasi. Kami tidak bisa melakukan pelarangan atau imbauan. Jadi kami juga komunikasi dengan Gugas Tugas Covid-19 di Surabaya,” katanya.

Selain itu, dia menyebut Indonesia Lawan Corona aktif melakukan diskusi dengan berbagai daerah. Tujuannya mengetahui masalah yang dialami dan mencari solusi terkait penanganan pandemi.

“Kami live instagram bersama influencer dan tokoh. Kami bikin tim di beberapa daerah untuk bercerita di daerah masing-masing dan bagaimana solusinya biar mengerti kondisi satu sama lain,” terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona generasi milenial covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top