Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menkumham Yasonna Laoly Beberkan Tugas Dirjen Pemasyarakatan Baru

Menkumham Yasonna Laoly pada hari ini, Senin (4/5/2020) ini melantik beberapa Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kemenkumham.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 04 Mei 2020  |  14:29 WIB
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly menjadi keynote speaker saat menghadiri acara peluncuran hasil studi pemeringkatan penghormatan HAM di 100 perusahaan publik, Jakarta, Selasa (16/7/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly menjadi keynote speaker saat menghadiri acara peluncuran hasil studi pemeringkatan penghormatan HAM di 100 perusahaan publik, Jakarta, Selasa (16/7/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA – Menkumham Yasonna Laoly pada hari ini, Senin (4/5/2020) ini melantik beberapa Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kemenkumham.

Salah satu orang yang dilantik adalah Irjen (Pol) Reynhard Silitonga. Dia resmi menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan menggantikan Nugroho yang berstatus sebagai Pelaksana Harian (Plh).

Terkait dengan pemilihan Reynhard, Yasonna mengatakan, Reynhard merupakan sosok yang tepat mengisi pos ini karena telah memiliki pengalaman sebagai Direktur Penindakan Narkoba di Sumatra Utara dan Jawa Tengah saat bertugas di Kepolisian.

Pengalaman Reynhard dinilai menjadi nilai tambah untuk mengatasi permasalahan narkotika yang merajalela di lapas ataupun rutan di Indonesia. Yasonna mengatakan, saat ini lebih dari 50 persen tahanan yang ada di rutan-rutan atau lapas terlibat dalam kasus narkoba.

“Tentu bapak Reynhard sudah lebih mengetahui kultur kerja di Kemenkumham karena bidang kerjanya pernah bersinggungan. Saya harap bapak dapat berkoordinasi lebih cepat dengan Polri, BNN, dan kepala-kepala lapas atau rutan untuk mengatasi masalah ini,” katanya.

Selain itu, Yasonna juga meminta kepada Reynhard untuk mengawasi program asimilasi dan integrasi narapidana yang saat ini tengah berjalan. Para narapidana yang kembali melakukan tindakan kriminal, lanjutnya, wajib ditindak dengan tegas dan dikembalikan sebagai tahanan untuk meningkatkan keamanan masyarakat.

“Saya titipkan [Direktorat Jenderal] Pemasyarakatan kepada bapak Reynhard. Program Reintegrasi dan revitaliasasi pemasyarakatan sesuai dengan Permenkumham No. 35/2018, saya harap juga terus dilanjutkan,” tambahnya.

Dia juga meminta kepada Dirjen Pemasyarakatan baru untuk meningkatkan sinergi dengan para pemangku kepentingan terkait. Hal ini diharapkan akan meningkatkan koordinasi dan mempermudah pekerjaan seluruh pihak yang terlibat.

“Dengan satuan kerja sebanyak 681 unit, tentu Ditjen Pemasyarakatan tidak mudah untuk dikelola secara optimal. Saya harap bapak dapat menghasilkan terobosan-terobosan kebijakan yang mumpuni selama bertugas,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imigrasi kemenkumham
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top